Papua No.1 News Portal | Jubi

Atlet Papua Dapiel dan Maria raih medali emas di ASEAN Para Games 2022

Writer: SudjarwoEditor: Edho Sinaga
ASEAN Para Games 2022
Atlet atletik NPCI Papua, Dapiel Bayage (tengah) usai berhasil meraih medali emas ASEAN Para Games di Solo / Dok. NPCI Papua 

Jayapura, Jubi – Dua atlet para-atletik National Paralympic Committeee Indonesia (NPCI) Papua, Dapiel Bayage dan Maria Wilil akhirnya sukses memetik medali emas pada hari keempat penyelenggaraan ASEAN Para Games di Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/8/22).

Dapiel menyumbangkan medali emas untuk kontingen Indonesia dari nomor lompat tinggi dengan lompatan 165 cm. Sedangkan Maria, berhasil mengamankan satu medali emas dari nomor lempar lembing putri F46 dengan jauh lemparan 27,29 meter.

Kedua atlet para-atletik NPCI Papua itu masih berpeluang besar menambah pundi-pundi emasnya karena masih akan tampil di nomor berikutnya.

Sehari sebelumnya, Dapiel telah mempersembahkan medali perak di nomor lempar lembing putra F42, dengan jauh lemparan 39,72 meter.

Ketua Umum NPCI Papua, H. Jayakusuma pun melayangkan apresiasinya kepada Dapiel dan Maria yang di hari ini secara bersamaan berhasil mengawinkan medali emas cabor atletik.

“Dapiel dan Maria memang kita sudah prediksikan bisa mendapatkan medali emas. Terima kasih buat perjuangan mereka yang akhirnya bisa mewujudkan medali emas di ASEAN Para Games,” kata Jayakusuma kepada wartawan, Rabu (3/8/22).

NPCI Papua sendiri memberikan bonus langsung bagi para atletnya yang berhasil mempersembahkan medali emas senilai Rp 5 juta, medali perak Rp 3 juta dan medali perunggu Rp 2 juta.

Selain Dapiel dan Maria, atlet NPCI Papua juga telah menyumbangkan satu medali emas dari renang nomor 4×100 putra medley relay atas nama Marinus Yowei dan Menaser Numberi.

Sementara medali perak disumbangkan oleh Mahda Aulia dari panahan (2 medali), Marlanda Oropa dari cabor renang, Junaedi judo tuna netra, dan Ida Yani dari tenis meja.

Medali perunggu juga diraih oleh atlet renang senior NPCI Papua, Marinus Yowei dari nomor 100 meter gaya dada SB13, dan satu keping medali perunggu dari Rexus Ohee di cabang olahraga boccia.

Atlet-atlet NPCI Papua masih memiliki peluang besar untuk menambah perolehan medali emas dari cabor sepak bola CP, tenis meja, tenis lapangan kursi roda, atletik dan renang.

NPCI Papua di ASEAN Para Games kali ini membidik target realistis yang sudah diprediksikan sebelumnya. Ketua Umum H. Jayakusuma membeberkan, pihaknya baru mematok target 5 medali emas yang berpotensi dihasilkan dari para atletnya.

Sebanyak 19 perwakilan atlet NPCI Papua yang memperkuat kontingen Indonesia be di ASEAN Para Games 2022 di antaranya Hana Resti dan Ida Yanni (Tenis Meja), Dapiel Bayage dan Maria Wilil (Atletik), Menaser Numberi, Marinus Melianus Jowei, Marlanda Oropa (Renang), Rexus Ohee (Boccia), Efi Yikwa (Sepak bola Cerebral Palsy), Agus Fitriadi, Daryoko, Ndaru Patma Putri, Siti Hanna Komala Sari (Tenis Lapangan Kursi Roda), Mahda Aulia (Panahan), Yunia Winarni (Bulutangkis), Nurul Fadilah, Novia Larasati, Junaedi (Judo Tuna Netra) dan Alfrets Dien (catur). (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250