Penkes  

Unaim Yapis Wamena akan buka program S2

Unaim Yapis Wamena
Rektor Unaim Yapis Wamena, Dr. H. Rudi Harianto Ismail, M.Pd saat memberikan piagam penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tingkat nasional. – Jubi/Imma Pelle

Wamena, Jubi – Universitas Amal Ilmiah atau Unaim Yapis Wamena tahun akademik 2022/2023 akan mulai membuka program Strata 2 pada Prodi Magister Ilmu Manajemen.

“Kami terpanggil dan memiliki tanggung jawab menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan daya inovatif. Kami juga melihat perkembangan kesadaran masyarakat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, maka kami pengajuan pengelolaan Program Strata 2 pada Prodi Magister Ilmu Manajemen. LLDIKTI 14 telah memberikan persetujuan rekomendasi program S2,” kata Rektor Unaim Yapis Wamena, Dr. H. Rudi Harianto Ismail, M.Pd, usai acara wisuda angkatan ke-14 tahun akademik 2021/2022 di halaman kampus II Unaim Yapis di Hom-hom Wamena, Jayawijaya, Papua, Senin (3/10/2022).

Surat rekomendasi ini, lanjutnya, sebagai persyaratan penting dalam persetujuan Kemendikbudristek memberikan perizinan pengelolaan prodi magister.

banner 400x130

“Saat ini kami menunggu izin dari kementeriaan. Semoga tahun akademik ini sudah bisa operasional,” katanya.

Unaim Yapis Wamena, Senin (3/10/2022), menggelar wisuda yang diikuti 145 mahasiswa.

Rektor Unaim Yapis mengatakan wisuda tahun ini terdiri dari tiga program studi, yakni Administrasi Bisnis dan Ekonomi, Administrasi Publik, dan Ilmu Pemerintahan.

Rektor Unaim Yapis juga mengatakan Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena sampai saat ini telah meluluskan sebanyak 1.964 sarjana, yang saat ini tersebar berkarier di berbagai instansi pemerintahan daerah, BUMN, BUMD, perusahaan berskala nasional, perbankan, dan menjadi entrepreneur muda yang berkiprah di berbagai daerah.

“Saya berharap mahasiswa yang telah diwisuda tahun ini juga agar mampu berkompetisi dan bersaing sesuai porsi dan posisi masing-masing untuk di dearah dan khusus di wilayah pengunungan tengah Papua maupun di daerah lain,” katanya.

Lebih lanjut Rudi Harianto mengatakan dalam mewujudkan slogan yang selalu didengungkan Kepala LLDIKTI 14, Dr. Suriel Mofu, Attention and Quality is My Identity’ serta prinsip etos kerja Ketua Yapis Pusat di Tanah Papua “IKHLAS” (Integritas, Kolaborasi, Humanis, Loyalitas, Adaptif, dan Solidaritas), Unaim Yapis Wamena melakukan akselerasi dengan kekuatan penuh dalam mewujudkan kredibilitas serta pengakuan pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan perguruan tinggi yang baik dan sehat.

”Kami mengajukan pelaksanaan audit mutu eksternal, baik dari pihak yayasan terlebih dari pihak pemerintah pusat melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) seluruh program studi dan institusi telah terakreditasi,” katanya.

Sejak perubahan kelembagaan perguruan tinggi menjadi universitas dua tahun lalu, kata Rudi Harianto, Unaim Yapis Wamena telah mendapatkan pengakuan Akreditasi pada 5 (lima) prodi yaitu Administrasi Publik Akreditasi B, Ilmu Pemerintahan Akreditasi Baik, Manajemen Retail Akreditasi Baik, Agronomi Akreditasi Baik, Administrasi Bisnis Akreditasi Baik.

“Kami juga terdapat dua program studi yang telah melaksanakan assessment lapangan dan menunggu hasil akreditasi yaitu Prodi Pengelolaan Sumber Daya Lahan dan reakreditasi pada Prodi Sarjana Terapan Manajemen Keuangan Sektor Publik menuju Akreditasi B,” jelasnya.

Prodi Sarjana Terapan, kata Rudi, telah mendapatkan izin dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi melakukan perubahan dari Administrasi Bisnis Diploma 3 menjadi Prodi Sarjana Terapan (D4) dan menjadikan satu–satunya Program D4 Manajemen Keuangan Sektor Publik di LLDIKTI 14 Wilayah Papua dan Papua Barat.

“Tanggal 12-13 Oktober 2022, kami akan dilaksanakan assessment lapangan untuk Prodi Perencanaan Wilayah Kota. Semoga berjalan lancar dan mendapatkan hasil maksimal. Dengan hasil akreditasi tersebut mengindikasikan seluruh program studi yang kami kelola berjalan dengan baik dan mendapatkan pengakuan baik dari pemerintah maupun masyarakat dan stakeholder yang ada,” katanya.

Rudi juga mengatakan untuk peningkatan proses pembelajaran Unaim Yapis Wamena juga membangun gedung pascasarjana yang nanti digunakan pada Prodi Magister Manajemen.

“Kami juga menggalakkan proses pembelajaran berbasis IT, di antaranya penggunaan Learning Management System yang terintegrasi pada pangkalan Data Pendidikan Tinggi [PD-Dikti], penggunaan perpustakaan UNA’IM berbasis online yang dapat diakses di manapun,” katanya.

Selain itu pada peningkatan sarana pembelajaran, pengembangan SDM tenaga pendidik terus dilaksanakan di antaranya jumlah dosen yang telah mendapatkan sertifikat profesional dosen (sertifikasi dosen) sebanyak delapan dosen serta pada proses pendidikan dengan studi lanjut pada program S3 sebanyak lima dosen serta program afirmasi S2 sebanyak lima dosen yang tersebar pada berbagai perguruan tinggi di antaranya Ondokuz Mayıs Üniversitesi Turki, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Cenderawasih Jayapura, dan Univeristas Bosowa.

Begitupula pada pelatihan dosen dalam melancarkan kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi dalam bentuk pelatihan penulisan jurnal berbasis OJS, dengan target publikasi pada jurnal Internasional bereputasi, mengikuti kegiatan seminar nasional dan internasional serta publikasi ilmiah berupa jurnal, proceeding, dan buku melalui hibah penelitian dosen dalam lingkungan Unaim Yapis Wamena maupun melalui Kementerian Kemendikbud Ristek. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250