Angkatan Bersenjata Australia kunjungan ke Indonesia, perkuat kerja sama militer

Australia
Indo-Pacific Endeavour 2022 HMAS Adelaide berlabuh di Tanjung Priok- Jubi/Kedubes Australia di Jakarta

 

Jayapura, Jubi- Kegiatan regional utama Australia, Indo-Pacific Endeavour (IPE) 2022 telah kembali ke Indonesia untuk ke empat kalinya, melanjutkan kerja sama militer yang kuat dengan melakukan latihan amfibi  tahun ini.

Komandan IPE22, Commodore Mal Wise menyampaikan,  ia merasa senang dapat memimpin HMAS Adelaide dan HMAS Anzac ke Jakarta untuk menggelar beberapa kegiatan militer, kepemerintahan dan kebudayaan.

“Australia dan Indonesia memiliki visi yang sama terhadap Indo–Pasifik yang terbuka, inklusif, dan tangguh dengan ASEAN sebagai titik utamanya.”katanya dalam siaran pers yang diterima jubi.id dari [email protected], Kamis (24/11/2022) malam.

“Kami memiliki banyak kepentingan keamanan bersama, termasuk perbatasan maritim bersama dan komitmen untuk perdamaian dan keamanan regional, kontraterorisme, serta kerangka keamanan regional,”tambahnya.

Puncak dari kegiatan tahun ini adalah latihan amfibi bersama dengan Angkatan Pertahanan Australia dan Tentara Nasional Indonesia. Latihan serbuan 500 personel amfibi menyoroti tingkat integrasi dan pemahaman baru antara negara-negara mitra disertai perencanaan dan koordinasi berbulan-bulan.

Kegiatan lain yang akan diselenggarakan selama kunjungan meliputi:

· Pameran Industri Pertahanan

· Kegiatan Komunitas bersama Imam Angkatan Laut Australia

· Diskusi Perempuan dalam Kepemimpinan

· Panel Diskusi Hukum Militer

· Workshop Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana

· Pelatihan integrasi lebih lanjut dengan tentara Australia dan pasukan TNI di atas kapal HMAS Adelaide

“Indo-Pacific Endeavour memberikan kesempatan yang ideal bagi negara kita untuk belajar satu sama lain dan memperkuat hubungan pribadi dan militer kita,” kata Commodore Wise.

“Terima kasih telah menjamu kami di negara Anda, dan kami berharap dapat segera kembali lagi.”

Indonesia merupakan negara terakhir dari kegiatan Indo-Pacific Endeavour 2022, yang telah dimulai pada akhir September dan telah mengunjungi 14 negara di kawasan Asia Tenggara dan Samudra Hindia Timur Laut.(*)

 

 

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250