Kawasan Olahraga Kampung Harapan dibuka untuk umum mulai 1 Oktober 2022

kawasan olahraga
Tampak Stadion Utama Lukas Enembe yang berada di kawasan olahraga kampung harapan - Jubi / Sudjarwo Husain

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) akan mulai membuka Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, untuk masyarakat umum awal Oktober mendatang.

Plt Kepala Disorda Papua, Alexander Kapisa, mengatakan, mulai 1 Oktober 2022 kawasan olahraga kampung harapan dan GOR Cenderawasih, dibuka untuk umum.

“Pembukaan kawasan kampung harapan dan kawasan GOR Cendrawasih ini dimaksudkan agar masyarakat umum juga dapat memanfaatan kawasan dan fasilitas yang ada untuk beroalahraga dan bersantai, baik bersama keluarga, teman dan bersama komunitas-komunitas mereka” ungkap Alexander Kapisa dalam rilis yang diterima Jubi, Senin (26/9/22).

banner 400x130

Kata Kapisa, para pengunjung yang menggunakan kendaraan nantinya akan dikenakan tarif masuk. Berkaitan dengan tarif masuk ke dalam kawasan kampung harapan dan GOR Cenderawasih pemerintah daerah menetapkan tarif flat untuk kendaraan roda dua dan roda empat sekali masuk.

“Untuk membantu biaya pemeliharaan kawasan, setelah melalui pembahasan dengan berbagai pihak maka ditetapkan bahwa tarif sekali masuk bagi roda dua sebesar Rp 5 ribu dan Roda empat sebesar Rp 10 ribu,” jelasnya.

Pasca-pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI tahun 2021, pemerintah provinsi papua, khususnya melalui Dinas Olahraga dan Pemuda Papua terus berupaya agar venue-venue yang ada tetap dapat digunakan oleh atlet dan masyarakat umum.

Setelah memusatkan pembinaan olahraga pelajar di kawasan olahraga Doyo Baru, saat ini Dinas Olahraga dan Pemuda sedang menyiapkan pembukaan kawasan olahraga kampung harapan untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Alexander Kapisa mengatakan, biaya pemeliharaan kawasan kampung harapan saja termasuk seluruh venue yang ada setiap tahunnya dibutuhkan anggaran sebesar Rp 23 miliar. Jadi dengan menetapkan tarif masuk bagi pengendara roda dua dan roda empat paling tidak akan memberikan kontribusi terhadap pemeliharaan kawasan ini.

Kapisa juga menyampaikan bahwa sampai akhir bulan September ini masih dilakukan uji coba pemanfaatan kawasan kampung harapan sebelum pengenaan tarif mulai diberlakukan pada hari Sabtu 1 Oktober 2022.

Sementara itu, Stadion Utama Lukas Enembe yang berada dalam kawasan tersebut menjadi markas klub sepak bola kebanggaan masyarakat Papua, Persipura Jayapura.

Sejarah panjang menjadi klub kebanggaan masyarakat Papua inilah yang menjadi salah satu pertimbangan bagi Pemerintah Provinsi Papua untuk menjalin kerjasama dengan manajemen Persipura Jayapura dalam kompetisi Liga Indonesia 2 Tahun 2022/2023 yang akan segera dimulai.

Bentuk Kerjasama yang dijalankan adalah dengan memberikan kesempatan menggunakan Stadion Lukas Enembe menjadi home base ataupun markas Persipura selama mengikuti Kompetisi Liga Indonesia 2 sampai selesai. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250