BPS Jayawijaya siapkan 448 petugas pendataan Registrasi Sosial Ekonomi

BPS
Rapat koordinasi daerah Badan Pusat Statistik (BPS) Jayawijaya bersama sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah dan kepala distrik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Senin (26/9/2022). - Istimewa

Jayapura, Jubi – Badan Pusat Statistik atau BPS Kabupaten Jayawijaya menyiapkan 448 petugas untuk melaksanakan program Registrasi Sosial Ekonomi di Jayawijaya. Kepala BPS Jayawijaya, Jianto menyatakan pelaksanaan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi akan dimulai 15 Oktober hingga 14 November 2022.

Hal itu dinyatakan Jianto saat menghubungi Jubi di Kota Jayapura pada Senin (26/9/2022).  Menurutnya, BPS Jayawijaya telah melakukan koordinasi awal bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepala distrik. BPS Jayawijaya juga telah menyiapkan dokumen dan membuat pelatihan di lapangan bagi para pelaksana registrasi.

“Hari ini kami lakukan Rapat Koordinasi Daerah dengan OPD dan kepala distrik di Jayawijaya untuk program Registrasi Sosial Ekonomi. Kami butuh dukungan dari semua OPD maupun kepala distrik, membantu dalam hal sosialisasi kepada masyarakat, dan juga membantu petugas di lapangan,” katanya.

banner 400x130

Menurutnya, program Registrasi Sosial Ekonomi itu untuk merupakan program nasional untuk mengumpulkan informasi tentang kondisi sosial, ekonomi, demografi, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset. Registrasi itu juga akan mendata kondisi kerentanan kelompok berkebutuhan khusus atau difabel, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan, dan informasi sosial ekonomi lainya.

“Hal itu untuk satu data Indonesia, yang dijadikan acuan data untuk program sosial ekonomi masyarakat. Harapannya, masyarakat memberikan informasi yang sebenarnya, [kondisi] rill lapangan, [agar] apa yang didapat [petugas registrasi] betul-betul mencerminkan kondisi terbaru di lapangan,” katanya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250