Papua No.1 News Portal | Jubi

Sengketa lahan di Merauke, pemilik ulayat minta polisi tangkap para mafia tanah

Writer: Emanuel RiberuEditor: Edho Sinaga
Mafia Tanah Merauke
Warga pemilik ulayat dari Kampung Ivi Mahad, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Papua mendatangi Polres Merauke-Jubi/istimewa

Merauke, Jubi – Sejumlah warga pemilik ulayat dari Kampung Ivi Mahad, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Papua kembali mempersengketakan lahan seluas 40 hektare di Kampung Isanombias, Distrik Tanah Miring.

Lahan tersebut dibeli mantan Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji dari warga berinisial HK pada 21 April lalu.

Warga yang mengklaim sebagai pemilik tanah di Isonambias, Stakius Bokai Basik-Basik, menyatakan HK dan kelompoknya telah melakukan penyerobotan lahan milik marganya, kemudian 40 hektare di antaranya dijual kepada Untung Sangaji.

Baca juga :   Kematian sapi di Okaba Merauke disebabkan penyakit cacingan

Pada 24 Juni 2022, kata Stakius, Untung Sangaji yang saat itu masih menjabat Kapolres Merauke mempertemukan kedua belah pihak yang bersengketa. Namun pertemuan itu tidak menghasilkan keputusan yang memuaskan marganya. Mereka justru merasa terancam dan diintimidasi oleh oknum polisi.

“Baik dalam pertemuan atau setelah pertemuan, kami diintimidasi dan diancam. Ada oknum polisi yang menakut-nakuti kami dengan hukum. Kami awam dan tidak paham dengan hukum, sehingga kami merasa terancam saat itu,” kata Stakius kepada Jubi di Merauke, Selasa (19/7/2022).

Baca juga :   Legislator Merauke usulkan bentuk Perda Hak Ulayat untuk lindungi OAP dari masifnya perkebunan

Meski terintimidasi dan merasa terancam, Stakius bersama kelompoknya tidak menyerah. Mereka kembali mempersengketakan lahan yang diserobot dan dijual ke mantan Kapolres Merauke tersebut.

“Senin 18 Juli kemarin, kami datang lagi. Bapak Kapolres yang baru menerima kami, dan kami menyampaikan persoalan tanah ini kepada beliau. Kami menaruh harapan kepada Bapak Kapolres yang baru untuk bisa menyelesaikan masalah ini,” tuturnya.

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

banner 728x250