Kasus covid-19 di Kabupaten Jayawijaya kembali nihil

Posko covid Wamena
Posko kesehatan yang sempat dibuka di Bandara Wamena baru-baru ini.-Jubi/Islami.

Wamena, Jubi – Kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayawijaya, Papua, sempat nihil atau tidak ada lagi beberapa waktu lalu. Namun dalam tiga hingga empat minggu kebelakang muncul lagi dua kasus dan kembali dilakukan perawatan.

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya, Papua, Willy E. Mambieuw mengatakan, dua pasien positif tersebut dilakukan perawatan dan dua minggu lalu dinyatakan sembuh dan kini kasus Covid-19 di Jayawijaya kembali nol atau nihil.

“Jadi sempat nol, muncul dua kasus dan kini kembali nol. Memang dibandingkan dengan daerah lain, di Jayawijaya masih terkendali,” katanya kepada wartawan di Wamena, Jayawijaya, Papua, Rabu (3/8/2022).

Untuk itu di awal Juli lalu sempat dibukanya posko kesehatan dan vaksinasi di Bandara Wamena, di mana petugas kesehatan pun ditempatkan di posko tersebut, namun per 31 Juli 2022 seluruh petugas ditarik kembali ke tempat tugas masing-masing.

“Apakah posko tetap dibuka atau seperti apa, itu merupakan kewenangan dari UPBU dan perhubungan. Namun dari evaluasi beberapa minggu terakhir ini tidak terlalu signifikan untuk back up dengan tenaga kami dari dinas kesehatan,” katanya.

Meski begitu, dalam antisipasi yang dilakukan, Dinas Kesehatan tetap menyarankan masyarakat untuk tetap taat akan protokol kesehatan dan setiap fasilitas pelayanan kesehatan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Tenaga kesehatan di setiap fasilitas pelayanan kesehatan tetap diinstruksikan untuk tetap menjalankan sosialisasi kepada masyarakat, karena target vaksin kita juga belum sampai setengah dari sasaran sehingga sosialisasi harus lebih banyak lagi,” ucapnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250