Papua No.1 News Portal | Jubi

16 mahasiswa UNAIM Yapis Wamena ikuti Satria Indonesia di Mabes TNI AD

Writer: Islami AdisubrataEditor: Dewi Wulandari
UNAIM Yapis Wamena
Pelepasan kontingen Paduan Suara Mahasiswa Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena di Lanud Wamena, Sabtu (13/8/2022) pagi. – Jubi/Istimewa

Wamena, Jubi – Sebanyak 16 mahasiswa dan mahasiswi Universitas Amal Ilmiah atau UNAIM Yapis Wamena diberangkatkan ke Jakarta, guna mengikuti kegiatan Satria Indonesia yang akan dilaksanakan di Mabes TNI AD.

Pelepasan Sabtu (13/8/2022) pagi di Lanud Wamena itu dihadiri Rektor UNAIM, wakil rektor, para dekan, Dandim 1702/Jayawijaya, dan Danlanud Wamena. Para mahasiswa akan bernyanyi pada peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022, di Mabes TNI AD Jakarta.

Rektor UNAIM Yapis Wamena, Dr. H. Rudihartono Ismail, M.Pd mengatakan keikutsertaan kampusnya guna memeriahkan kegiatan Satria Indonesia yang diprakarsai oleh komposer/musisi Purwa Caraka, dalam hal ini PSM UNAIM Yapis Wamena mewakili perguruan tinggi di Wilayah LLDIKTI XIV Papua dan Papua Barat.

“Saya akan memimpin langsung rombongan bersama Wakil Rektor III beserta dua staf pendamping dan 16 mahasiswa,” katanya.

Ia menjelaskan nantinya ada beberapa rangkaian kegiatan di Mabes TNI AD yaitu bernyanyi lagu “Satria Indonesia” bersama Kepala Staf Angkatan Darat, pawai atau defile bendera, peragaan budaya dan busana daerah, pembacaan catatan pinggir terkait negara, budaya, dan Pancasila.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk melestarikan Indonesia yang bhineka, aman, damai, dan kuat, bertujuan untuk mendorong lahirnya para satria yang akan senantiasa berdiri tegak, gagah perkasa, dan berjiwa welas asih di atas bumi pertiwi yang pendekatannya melalui kesenian,” katanya.

Kegiatan Satria Indonesia itu diikuti 40 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia dan 58 pimpinan perguruan tinggi yang didefilekan benderanya.

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol CPN Athenius Murip, menyebut sebelum keberangkatan, pihak kampus telah bertemu dengannya perihal dukungan untuk mengikuti kegiatan di Mabes TNI AD tersebut.

Menurut Dandim, setelah berkoordinasi dengan Korem 172/PWY dan Kodam Cenderawasih, akhirnya disetujui untuk penggunaan armada dari TNI AU membantu memfasilitasi keberangkatan kontingen paduan suara UNAIM ke Jakarta.
“Dari Wamena khususnya kampus UNAIM ini dari video klip paduan suara yang mereka buat, ternyata terpilih dan diundang ke Jakarta. Kami mencoba berpartisipasi dalam fasilitas untuk keberangkatan, sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian karena rombongan ini selain membawa nama kampus tetapi juga daerah,” kata Athenius Murip. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250