Papua No.1 News Portal | Jubi

BUMKAM diharapkan terlibat langsung dalam KMAN

Writer: Engel WallyEditor: Syam Terrajana
BUMKAM
Penutupan kegiatan pelatihan ditandai dengan penabuhan tifa oleh Kepala Dinas DPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra - Jubi/Engel Wally

 

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung ( DPMK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra mengatakan, Badan Usaha Milik Kampung ( BUMKAM) di setiap kampung harus bersiap menyambut serta terlibat dalam pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ( KMAN) yang akan berlangsung pada Oktober 2022 mendatang.

Keterlibatan BUMKAM, kata Elisa, antara lain  penyiapan fasilitas  untuk mensukseskan pelaksanaan KMAN, tentunya dengan berkoordinasi dengan Panitia pelaksana, KMAN ini momentum yang besar dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang sangat banyak.

Baca juga :   Ketua DAS Sentani mengaku tidak dilibatkan dalam Kongres AMAN ke-VI

“Seperti usaha tenda dan kursi di kampung Hobong, usaha aneka kue sagu di Kampung Ifar Besar, ukiran kulit kayu di Kampung Asei dan sejumlah hasil produksi yang bisa dimanfaatkan bagi para peserta kongres yang datang,” ujar Yarusabra usai menutup kegiatan pelatihan pemberdayaan BUMKAM di salah satu hotel di Sentani. Rabu (27/7/2022).

Baca juga :   BPC HIPMI Kabupaten Jayapura siap gelar Muscab ke-3

Dikatakan, materi pelatihan selama dua hari yang diterima, nantinya dapat diterapkan dalam BUMKAM masing-masing. Kerja-kerja secara manual yang lalu bisa berubah dengan teknologi dan sistem informasi terbaru saat ini. Sehingga dalam proses penggunaan anggaran dan proses pelaporan yang dibuat dalam satu periode dapat diketahui secara pasti untung dan ruginya.

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

banner 728x250