Jayapura, Jubi – Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Jayapura, Entis Sutisna mengatakan warga sangat antusias ingin menjadi pelanggan baru dalam pelayanan air bersih.
“Banyak permohonan (sambungan baru) yang kami terima terutama di daerah Koya, Distrik Muara Tami. Saat ini baru ada 500 pelanggan,” ujar Entis di Jayapura, Selasa (1/11/2022).
Dikatakannya, warga sangat antusias karena membutuhkan pelayanan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, namun warga diminta bersabar karena terus dilakukan peningkatan kualitas layanan.
“Terutama jaringan distribusi utama yang membutuhkan biaya besar. Kami mohon kesabaran warga. Meningkatkan kualitas air seperti tidak terkontaminasi dengan zat kapur,” ujarnya.
Upaya yang dilakukan PDAM Jayapura ditempuh melalui dua tahap, yaitu pemasangan jaringan distribusi utama dan membangun water treatment sehingga air yang dipasok berkualitas.
“Desain sudah kami buat hanya saja terkendala jaringan distribusi, sehingga belum bisa mengakomodir warga di wilayah Koya. Kami berupaya di 2023 sudah bisa terlayani,” ujarnya.
Dijelaskannya, agar bisa melayani warga PDAM Jayapura memanfaatkan sumber air intake baru yang berada di Kampung Koya Koso, Distrik Abepura.
“Sumbernya kami ambil dari intake di Kali Taifun di Kampung Koya Koso, dengan kapasitas 45 liter per detik untuk melayani 2000 pelanggan. (*)