Wamena Empowerment minta PJ gubernur prioritaskan OAP dalam perekrutan ASN.

Wamena
Ketua Wamena emporwerment Sony lokobal bersama pengurus lainya foto bersama seusai jumpa pers di salah satu cafe di Wamena pada senin 5/12/2022 sore , Jubi /Imma Pelle

 

Wamena,Jubi-  Wamena Empowerment atau forum pemberdayaan masyarakat di wilayah Papua Pegunungan, meminta Pj Gubernur di wilayah itu memprioritaskan Orang Asli Papua dalam perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kami meminta kepada pejabat gubernur atau PJ di provinsi Papua Pegunungan agar segera melakukan perekrutan ASN dan penetapan jabatan eselon I,II dan III untuk memproteksi OAP,” kata   ketua umum Wamena Empowerment, Sony Lokobal.

Pihaknya  meminta ASN yang direkrut berasal dari delapan kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan, yaitu kabupaten Jayawijaya, Nduga, Tolikara,Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang.

Hal itu menurutnya  sebagai bentuk penghargaan kepada pemilik tanah atau hak ulayat. Perekrutan ASN juga harus mengakomodir kepentingan OAP, agar sejalan dengan amanat UU Otsus.

“Agar OAP bisa membangun masyarakat di daerah masing-masing,  juga akan menjadi representasi kultur OAP,” Sony.  (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250