Liga 1 sudah dilanjutkan, Liga 2 apa kabarnya?

Liga 2
Laga Liga 2 antara Persewar Waropen vs Putra Delta Sidoarjo di Stadion Mandala, Kota Jayapura / Sudjarwo Husain

 

Jayapura, Jubi – Kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 sudah dilanjutkan  pasca tragedi Kanjuruhan sejak Senin (5/12/2022) petang kemarin. Sementara, kompetisi kasta kedua atau Liga 2 belum ada tanda-tanda kapan akan dilanjutkan kembali.

Juru taktik Persipura Jayapura, Ricky Nelson mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi pasti dari federasi sepak bola Indonesia (PSSI) maupun operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) soal kelanjutan kompetisi Liga 2.

Namun kata dia, kabarnya Liga 2 juga akan dilanjutkan kembali jika pelaksanaan Liga 1 sudah bisa berjalan.

“Kompetisi Liga 2 sampai hari ini kita tidak tahu kapan akan digelar lagi, tapi infonya sih kalau Liga 1 sudah bisa berjalan itu Liga 2 akan dikabarkan juga,” kata Ricky Nelson.

Pelatih asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu menyebutkan, meski kelanjutan Liga 1 terkesan mendadak, namun menurutnya kompetisi sepak bola Indonesia memang sudah seharusnya digelar kembali karena waktu jeda yang sudah terlalu lama.

“Kalau dibilang mendadak sih pasti semua serba mendadak yah, mau bagaimana lagi kondisinya sudah seperti ini. Yang terpenting kan kompetisi bisa berjalan kembali, jadi walaupun mendadak apa adanya dulu berjalan,” ujar Ricky.

Lanjutan kompetisi BRI Liga 1 akhirnya kembali bergulir setelah Mabes Polri mengeluarkan izin keramaian tentang Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Untuk lanjutan kompetisi putaran pertama ini akan dimulai 5 Desember 2022 tanpa penonton dan akan selesai pada akhir Desember dengan 2022 sistem bubble di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sedangkan putaran kedua dan seterusnya direncanakan menggunakan sistem home and away dengan penonton yang dibatasi.

Stadion yang akan dipergunakan di putaran pertama adalah Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M Soebroto (Magelang), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

“Ini kabar yang menggembirakan bagi kami dan semua klub Liga 1. Terima kasih kepada Mabes Polri, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian PUPR, dan Kementerian Kesehatan atas perhatian dan kerja samanya selama ini,” kata Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus lewat rilisnya.

Laga lanjutan pekan ke-12 kompetisi Liga 1 sudah dimainkan Senin (5/12/2022) petang kemarin. Empat pertandingan jadi partai pembuka, di antaranya Bhayangkara FC vs PSS Sleman, Madura United vs PSIS Semarang, PSM Makassar vs Persikabo 1973, dan Persita Tangerang vs Bali United. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250