Papua No.1 News Portal | Jubi

Disperindag dorong pertumbuhan perajin batik di Kota Jayapura

Writer: La RamahEditor: Dewi Wulandari
perajin batik
Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N Awi, saat menunjukkan hasil dari peserta bimbingan teknis Wub IKM batik berbasis kompetensi pembuatan kain batik cap dan pewarnaan batik. - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura, Robert L.N Awi, mengatakan pihaknya terus mendorong pertumbuhan dan perkembangan perajin batik.

Hal itu diungkapnya usai menghadiri bimbingan teknis Wub IKM batik berbasis kompetensi pembuatan kain batik cap dan pewarnaan batik dari 19-23 September 2022 di Hotel Front One Beatique Jayapura, Jumat (23/9/2022).

Dikatakannya, dengan kompetensi tersebut para perajin batik mampu mengembangkan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup sekaligus memiliki daya saing.

“Sejak 2020 kami bina dan setiap tahun kami memprogramkan keperluan mereka agar termotivasi dalam berusaha,” ujarnya.

Dikatakannya, ada enam kelompok (satu kelompok 10 orang) IKM batik baik cap dan tulis, yang terus dikembangkan kompetensinya melalui pendidikan dan pelatihan.

Terkait bimbingan teknis Wub IKM batik berbasis kompetensi pembuatan kain batik cap dan pewarnaan batik, dikatakannya, setelah menerima pelatihan bisa dikembangkan di tempat masing-masing.

“Hasil pelatihan ini terus dipertahankan kemampuan dalam membuat batik sehingga memajukan perajin dan usaha batik di Kota Jayapura. Produknya sudah di jual di pasar,” ujarnya.

Robert Awi menambahkan selain pelatihan kelompok IKM batik untuk pertama kalinya menerima bantuan peralatan dan bahan batik semuanya dibiayai dari Kementerian Perindustrian dan sertifikat.

“Kerja sama dari Papua Muda Inspiratif dan Kementerian dan Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kerajinan dan Batik serta Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura,” jelasnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250