Covid-19; 390.977 dosis sudah disuntikkan Pemkot Jayapura

Jayapura
Warga saat melakukan vaksinasi di Kantor Wali Kota Jayapura - Jubi/Ramah

 

 Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua, telah menyuntikkan sebanyak 390.977 kepada warga wajib penerima vaksin virus Covid-19.

“Rinciannya, dosis satu sebanyak 199.564 jiwa, dosis kedua 151.206 jiwa, dan dosis ketiga sudah 40.207,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (2/8/2022).

Dikatakannya, minat warga untuk mendapatkan vaksin sangat antusias untuk membentengi diri agar tidak mudah terpapar virus Covid-19, yang sudah melanda sejak Maret 2020.

“Kami juga tetap gencar melakukan vaksinasi. Sosialisasi dan edukasi terus dilakukan guna meningkatkan kesadaran warga untuk mengikuti program vaksinasi,” ujarnya.

Dikatakan Antari, vaksin covid bukan untuk 100 persen mencegah penularan virus Covid-19, tapi untuk memperkuat sistem imunitas atau membentuk antibodi guna mengurangi gejala yang dapat timbul ketika terpapar.

“Meski kita sudah divaksin covid, namun hal yang harus tetap diingat adalah untuk terus menerapkan protokol kesehatan, karena vaksin tidak menjamin 100 persen mencegah dari paparan covid,” ujarnya.

Antari berharap herd immunity atau kekebalan massal itu terjadi. Walaupun ada yang menderita (sakit karena terpapar virus), namun sudah kebal sehingga kasusnya tidak meluas lagi.

“Apalagi sekarang ini kasus kita kembali naik. Saya berharap dengan vaksinasi dapat menekan laju penyebaran covid ini, sehingga tidak melonjak drastis sebab dapat menganggu aktivitas masyarakat dan perekonomian,” ujarnya. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250