Australia berikan bantuan sepatu bagi atlet Solomon untuk ajang Pasifik Games 2023

Australia
Komisaris Tinggi Australia menyerahkan sepatu latihan baru kepada atlet Olimpiade Pasifik Kepulauan Solomon di SINIS.- Jubi/Solomon Times

 

Jayapura, Jubi- Australia telah memasok 850 sepatu latihan baru untuk atlet Kepulauan Solomon. Diberikan agar mereka bersiap untuk bertanding dalam Pacific Games mendatang pada 2023.

Mengutip Solomon Times, menyebutkan Australia bangga dapat bermitra dengan Institut Olahraga Nasional Kepulauan Solomon (SINIS) untuk mendukung semua atlet yang berlatih dalam skuad nasional untuk Pasifik Games 2023.

Dukungan pendanaan untuk 850 sepasang sepatu pelatihan baru,  dimungkinkan melalui hibah yang diberikan kepada SINIS dari Pacific Sports Diplomacy Fund, yang dikelola oleh PacificAus Sports. Hal ini dibangun di atas komitmen Australia untuk mendukung Kepulauan Solomon untuk Pacific Games.

Pacific Games 2023, atau XVII Pacific Games, akan menjadi acara multi-olahraga kontinental untuk negara dan wilayah Oseania yang dijadwalkan akan diadakan di Honiara, Kepulauan Solomon antara 19 November dan 2 Desember 2023. Ini akan menjadi pertama kalinya Kepulauan Solomon menjadi tuan rumah Pasifik Games 2023.

Semula Pasifik Games dijadwalkan pada 16-29 Juli 2023. Namun, pada Juli 2021, penyelenggara Pasifik Games meminta perubahan tanggal karena keterlambatan persiapan untuk pertandingan akibat pandemi COVID-19 di Kepulauan Solomon.

Bukan hanya pemerintah Australia saja yang membantu pemerintah Solomon. Pemerintah Indonesia juga telah mengutus Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, berkunjung ke Honiara, 7 September 2022. Selama kunjungan sehari di Honiara Menlu Indonesia secara resmi menyerahkan Aula Persahabatan Stadion Futsal Serbaguna. Stadion Futsal serba guna ini bersumber dari dana Pemerintah Indonesia dan dibangun oleh Perusahaan Konstruksi WIKA Indonesia.(*)

 

 

Comments Box
Exit mobile version