Kompetisi Liga 1 dilanjutkan lagi, Tony Ho sarankan PSSI jangan melawan Pemerintah

Liga 1
Ilustrasi - Jubi/Instagram 

Jayapura, Jubi – Kompetisi Liga 1 Indonesia akan dilanjutkan kembali hari ini, Senin (5/12/2022), dengan empat pertandingan sebagai laga pembuka yakni Bhayangkara FC vs PSS Sleman, Madura United vs PSIS Semarang, PSM Makassar vs Persikabo 1973, dan Persita Tangerang vs Bali United.

Kabarnya, kompetisi Liga 1 kembali dilanjutkan karena sudah mendapatkan izin dari pihak kepolisian dengan syarat kompetisi digelar berformat bubble atau sentralisasi.

Eks pelatih Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar, Tony Ho, pun ikut berkomentar perihal tersebut.

Menurutnya, federasi sepak bola Indonesia (PSSI) harusnya mengikuti apa yang direkomendasikan oleh pemerintah melalui Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Kanjuruhan, yakni menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) sebelum melanjutkan kompetisi.

“Saya melihat selama ini PSSI tidak menjalankan apa yang diinginkan oleh pemerintah yaitu segera menggelar KLB dan semua pengurus saat ini ketua, wakil, sekjen, dan anggota-anggota komite eksekutif harus dicuci dulu semua. Saya setuju dengan apa yang diinginkan pemerintah tapi saya tidak setuju kalau melanggar aturan-aturan statuta,” kata Tony Ho saat dihubungi awak media Jubi, Senin (5/12/2022).

Ia juga menyesalkan kompetisi yang kembali dilanjutkan di tengah penyelesaian kasus tragedi Kanjuruhan yang belum sepenuhnya tuntas.

Ia juga menyarankan agar PSSI sebaiknya tunduk dan patuh dengan pemerintah, setidaknya harus menunggu KLB digelar baru kompetisi dilanjutkan kembali.

“Kalau menurut saya selesaikan dulu permasalahan tragedi Kanjuruhan dengan tuntas, kemudian KLB sesuai apa yang diinginkan pemerintah. Jujur, bicara sepak bola butuh pemerintah bukan sebaliknya, PSSI bisa bikin apa kalau mau lawan pemerintah? Infrastruktur, anggota pengamanan semua milik pemerintah. Jadi akan sulit kalau PSSI mau berkeras hati,” ujarnya.

PSSI
Stadion Manahan di Kota Solo – Jubi/Tempo.co

Lewat rilis resmi PSSI, lanjutan kompetisi BRI Liga 1 akhirnya kembali bergulir setelah Mabes Polri mengeluarkan izin keramaian tentang Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Untuk lanjutan kompetisi putaran pertama ini akan dimulai 5 Desember 2022 tanpa penonton dan akan selesai pada akhir Desember dengan 2022 sistem bubble di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Sedangkan putaran kedua dan seterusnya direncanakan menggunakan sistem home and away dengan penonton yang dibatasi.

Stadion yang akan digunakan di putaran pertama adalah Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M Soebroto (Magelang), dan Stadion Sultan Agung (Bantul). (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250