Jayapura, Jubi – Direksi PT AMJ Robongholo Nanwani fokus peningkatan kinerja agar masyarakat khususnya pelanggan mendapatkan pelayanan yang baik.
“Penambahan sambungan baru [rumah] di Distrik Muara Tami [Koya Barat dan Koya Timur], meningkatkan kualitas air dengan melakukan penambahan air disinfektan, serta menurunkan angka kehilangan air,” ujar Dirut PT AMJ Robongholo Nanwani (Perseroda), Entis Sutisna, Jumat (26/5/2023).
Salah satu masalah teknis yang sekarang menjadi problematik bagi jajaran Direksi PT AMJ Robongholo Nanwani adalah masih tingginya angka kehilangan atau kebocoran-kebocoran yang timbul di lapangan, baik oleh sambungan liar maupun adanya kerusakan-kerusakan.
“Dari catatan kami saat ini, angka kehilangan air mencapai 35 persen. Ini merupakan sebuah kerugian bagi kami. Kami sudah menyiapkan berbagai sarana pendukung maupun SDM yang akan meng-handle terhadap upaya-upaya penurunan kehilangan air,” ujarnya.
Melalui peningkatan kinerja tersebut, maka angka kehilangan air dapat teratasi sehingga masyarakat khususnya pelanggan yang mencapai 37 ribu tidak lagi kekurangan air bersih serta menambah pendapatan bagi perusahaan.
“Dalam rangka menurunkan angka kehilangan air sudah tentu perlu adanya penindakannya terhadap oknum masyarakat yang melakukan sambungan liar. Kami bekerja sama dengan Polresta Jayapura Kota,” ujarnya.
Entis Sutisna berharap masyarakat tidak melakukan sambungan liar karena sudah merenggut hak orang lain khususnya pelanggan air yang rutin membayar tagihan. Bila kedapatan, maka diberikan sanksi kepada pelaku.
“Kami juga memanfaatkan teknologi dalam pelayanan. Dengan memanfaatkan teknologi dapat mengetahui tingkat kebocoran, pelanggan potensial, dan pembayaran tagihan bisa melalui aplikasi,” ujarnya.
Entis Sutisna menambahkan dengan meningkatkan performa ataupun kinerja perusahaan pasca berubah menjadi PT dapat memberikan sebuah motivasi bagi seluruh tukang ledeng untuk meningkatkan pelayanan.
“Kami selalu berorientasi kepada peningkatan pelayanan secara maksimal, sehingga fungsi perusahaan juga sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam layanan air bersih bisa berjalan dengan baik serta dan perusahaan bisa memaksimalkan profit ataupun keuntungan dari layanan yang diberikan,” jelasnya. (*)