Bank Indonesia akan siapkan 360 M selama Ramadhan dan Idul Fitri

Bank Indonesia
Kantor Bank Indonesia - Antara

Manokwari, Jubi – Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat menyiapkan Rp360 miliar mengantisipasi kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

Deputi Kepala Perwakilan BI Papua Barat James Wilson Lumban Tobing, di Manokwari, Selasa mengatakan Rp360 miliar dipersiapkan untuk memastikan kecukupan uang, distribusi uang dan layanan kas selama Ramadhan dan Idul Fitri 2022 di daerah itu.

“Kebutuhan uang selama Ramadhan 2022 mengalami peningkatan sebesar 14,28 persen (YoY) dibandingkan tahun 2021 yang tercatat sebesar Rp135 miliar,” ujar James.

banner 400x130

James mengatakan BI Papua Barat juga menyiapkan beberapa langkah strategis untuk memperluas layanan penukaran uang melalui kerja sama perbankan dan stakeholder terkait.

“Khusus di Manokwari ibukota Provinsi Papua Barat, penukaran uang dapat dilakukan di 11 lokasi layanan bank, serta 8 lokasi di dua kas titipan BI di Teluk Bintuni dan Sorong Selatan,” ujarnya.

Strategi lainnya, BI akan memberikan layanan penukaran wholesale kepada stakeholder BI di Provinsi Papua Barat, serta dilakukan penukaran secara ritel kepada masyarakat di tiga lokasi yaitu Manokwari City Mall, Pasar Sanggeng dan Pasar Wosi.

“BI Papua Barat juga melaksanakan penukaran ritel secara bersama melalui kolaborasi dengan seluruh perbankan di Papua Barat,” katanya.

Langkah-langkah tersebut, kata James, tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan dan mengantisipasi kerumunan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Protokol kesehatan wajib ditaati sesuai anjuran yang berlaku untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang masih mewabah di Papua Barat,” ujarnya.

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250