Pemkot Jayapura menjamin ketersediaan pangan saat Ramadan dan Idul Fitri

Jayapura
Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N Awi. - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) memastikan ketersediaan bahan pangan saat Ramadan dan Idul Fitri.

“Kami terus melakukan penegakan ke distributor untuk memberikan pemahaman terkait jadwal distribusi,” ujar Kadisperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N Awi di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (2/3/2023).

Ketersediaan bahan pangan pokok seperti telur, daging ayam, daging sapi, ikan, cabai, bawang sangat diperlukan masyarakat untuk kebutuhan terutama saat lebaran.

“Stok barang dan distribusinya dalam kondisi terkontrol. Pantauan harga sampai saat ini masih normal. Kami terus melakukan pemantauan,” ujarnya.

Baca juga :   Kelompok tani Otauw Mokho di Kabupaten Jayapura siapkan sayuran segar untuk dukung KMAN

Ketersediaan bahan pangan juga sangat berpengaruh terhadap inflasi, sehingga keberadaannya terus dijaga bahkan sampai harus bekerja sama dengan distributor dari luar daerah.

“Pemerintah memastikan ketersediaan pangan agar tidak menimbulkan kepanikan pada masyarakat, dan sekaligus tidak berdampak terhadap inflasi,” ujarnya.

Robert Awi berharap pedagang dan distributor tidak melakukan penimbunan, dan tidak mempermainkan harga bahan pokok karena menyusahkan masyarakat apalagi yang ekonomi rendah.

Baca juga :   Sambut Hari HAM Sedunia, YKKMP beri bingkisan bagi pasien di RSUD Wamena

“Ini kami sangat tegas. Apabila ketahuan maka kami tidak segan-segan untuk menindak tegas, seperti mencabut izin usaha dan berjualan,” ujarnya.

Selain itu, Pemkot Jayapura bersama tim pengendali inflasi daerah dan masyarakat bersama-sama mengawasi, terutama bila menemukan harga tidak wajar segera melapor kepada pemerintah. (*)

Baca juga :   EPPD 8 kabupaten di Papua Pegunungan rendah
Komentar
banner 728x250