Polisi di Manokwari tetapkan tiga orang tersangka dalam perayaan HUT Papua Merdeka ke-25

Polisi Manokwari
Kapolres Manokwari AKBP. Parisian Herman Gultom - Jubi/Adlu Raharusun.

Manokwari, Jubi – Polres Manokwari, Papua Barat, menetapkan AN, KY dan AB sebagai tersangka dan sekaligus menahan ketiga orang tersebut dalam kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun – HUT Papua Merdeka ke-25 pada Minggu (27/11/2022).

AN berperan sebagai penghubung antara Pimpinan Negara Federal Papua Merdeka, sedangkan KY sebagai kordinator aksi dan AB selaku pengumpul masyarakat dalam aksi doa bersama yang dibalut dengan orasi peringatan HUT ke 25 Papua Merdeka.
“Kita tetapkan tiga orang sebagai tersangka, yang lain dipulangkan,” kata Kapolres Manokwari AKBP Parisian Herman Gultom Senin (28/11/2022).

Gultom mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 106 KUHP tentang tindak pidana Makar.

Sebelumnya, sekelompok warga melakukan aksi di terminal pasar Wosi, tidak jauh dari Pos Polisi pasar Wosi. Massa merayakan HUT Papua Merdeka dengan membawa spanduk dan bendera Bintang Kejora (BK). Selain itu terdapat bendera Amerika Serikat, Australia dan Belanda dalam aksi warga yang didatangkan dari berbagai daerah itu.

Kepolisian dan TNI pada saat aksi kemudian melakukan pembubaran paksa di lokasi terminal, massa yang terdiri dari pria dan wanita orang dewasa itu saat dibubarkan sebagian melarikan diri melalui pintu belakang terminal. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250