Puluhan warga diangkut ke Polres Manokwari usai rayakan HUT Kemerdekaan Papua di terminal pasar Wosi

Pasar Wosi

Manokwari, Jubi – Setelah melakukan orasi peringatan Hari Kemerdekaan Papua ke-25 tahun yang jatuh pada Minggu (27/11/2022), massa di terminal pasar Wosi Manokwari dibubarkan oleh aparat gabungan TNI dan Polri.

Massa awalnya berorasi di terminal pasar Wosi pada Minggu pagi sekitar pukul 08.00 WIT. Dalam orasi, massa meneriakkan Papua merdeka dan tolak otonomi khusus.

“Sekitar 15 orang sedang dalam pemeriksaan, kemudian akan kita gelar untuk menentukan siapa saja yang patut tersangka,” kata Kapolres Manokwari, AKBP Parisian Herman Gultom, kepada wartawan, Minggu (27/11/2022).

Kapolres AKBP Gultom mengatakan dalam pembubaran massa dan penangkapan sejumlah orang setelah orasi kelompok yang mengatasnamakan diri sebagai West Papua Nasional  Authority atau WPNA terdapat koordinator lapangan dan juga simpatisan dari Terminal Wosi yang saat ini belum diresmikan penggunaannya.

Selain itu, Kapolres AKBP Gultom juga mengaku bahwa dalam orasi massa WPNA meneriakkan Papua merdeka sembari membawa simbol-simbol yang dilarang.

“Tadi mereka meneriakan Papua merdeka, juga mereka membawa simbol-simbol yang tentunya dilarang,” katanya.

Pasar Wosi
Aparat gabungan TNI dan Polri melakukan upaya penangkapan setelah upaya pembubaran sehingga massa melarikan diri dari lokasi terminal Wosi Manokwari, Minggu (27/11/2022). – Jubi/Adlu Raharusun

Sebelumnya, sejumlah massa berkumpul di terminal pasar Wosi, Manokwari. Mereka melakukan aksi dan orasi meneriakan Papua merdeka dalam rangka memperingati HUT ke-25 kemerdekaan Papua.

Orasi digelar setelah ibadah di lokasi tersebut sekitar pukul 08.00 WIT pasca massa berkumpul. Lokasi terminal Wosi tidak jauh dari Pos Polisi Pasar Wosi Manokwari.

Penyidik Polres Manokwari menerapkan pasal 106 KUHP tentang tindak pidana makar. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250