Jayapura, Jubi – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni menginformasikan penyesuaian tarif tiket untuk kapal penumpang dan perintis, yang berlaku secara nasional pada 1 Juli 2023 termasuk wilayah Jayapura. Hal itu disampaikan Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Yahya Kuncoro di Kota Jayapura, Minggu (25/6/2023).
Menurut Yahya, penyesuaian tarif baru berdasarkan pada Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Republik Indonesia No 7 tentang Tarif Penumpang dan Uang Tambang Barang Angkutan Laut Perintis, Peratutan Menteri No 8 tentang Tarif Batas Atas Angkutan Penumpang Laut Dalam Negeri Kelas Ekonomi.
“PM 7 dan PM 8 Tahun 2023 ini mengatur penyesuaian tarif dasar per mil. Sementara untuk besaran asuransi dan pass pelabuhan hingga saat ini belum ada perubahan, masih sama,” katanya.
Yahya menyebutkan, untuk tarif dasar rute Jayapura tujuan Jakarta dari sebelumnya sebesar Rp 1.003.000 (belum termasuk asuransi perjalanan dan pass pelabuhan), disesuaikan menjadi Rp1 .234.000. Begitu juga Jayapura tujuan Serui dari Rp 187.000, kini menjadi Rp 231.000.
Sementara kapal perintis, untuk tarif rute Jayapura-Waren dari Rp 23.000 disesuaikan menjadi Rp 57.000, Karatung-Marampit dari Rp 3.900 menjadi Rp 7.800. Di sisi lain, PM 7 Tahun 2023 juga mengatur penyesuaian tarif barang di kapal perintis.
“Tarif itu akan berlaku di 1 Juli, sementara pembelian tiket di Juni untuk perjalanan di Juli, masih berlaku tarif yang lama,” jelasnya.
Yahya mengatakan, tarif lama kapal perintis sudah berlaku atau tidak mengalami perubahan selama 21 tahun sesuai aturan Keputusan Menteri No 86 tahun 2002 tentang Tarif Penumpang dan Uang Tambang Barang Angkutan Laut Perintis.
Untuk tarif kapal penumpang, menggunakan tarif yang sama selama 6 tahun terakhir dengan acuan PM No 109 Tahun 2017 tentang Tarif Batas Atas Angkutan Penumpang Laut Dalam Negeri Kelas Ekonomi.
“Meski tarif lama tidak berubah selama bertahun-tahun, kami fokus untuk meningkatkan pelayanan pelanggan, mulai dari layanan transaksi pembelian tiket, hingga fasilitas di atas kapal yang semakin nyaman. Tentu dengan kebijakan baru ini, kami akan semakin bersemangat untuk memberikan pelayanan yang lebih baik baik pelanggan kami,” katanya.
Yahya menambahkan, saat ini pelanggan Pelni semakin mudah membeli tiket sejak jauh hari dengan mengakses aplikasi Pelni Mobile, maupun website resmi PELNI.
“Pilihan pembayaran digital juga semakin beragam karena PELNI telah bekerja sama dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, Permata Bank maupun dompet digital seperti iSaku dan Finpay. Saluran pembelian tiket PELNI juga bisa dijangkau seluruh jaringan minimarket Indomaret dan Alfamart,” katanya. (*)