Papua No.1 News Portal | Jubi

Pemkab Tolikara raih WTP dari BPK

Writer: Islami AdisubrataEditor: Syam Terrajana
Tolikara
Penyerahan opini BPK RI Perwakilan Papua kepada pemerintah Kabupaten Tolikara di Jayapura, 1 Agustus 2022.-Istimewa.

 

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten Tolikara mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Papua,  terhadap laporan keuangan anggaran 2021 pada 1 Agustus 2022 di kantor BPK RI di Jayapura.

Penyerahan LHP dilakukan oleh Kepala Sub Auditorat Papua 1, Pri Heriyanto mewakili kepala perwakilan BPK RI Provinsi Papua yang diterima Sekda Tolikara, Ir. Palansong Latuconsina, Kepala BPKAD dan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tolikara, Yohan Wanimbo.

Menanggapi hal itu Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo menyampaikan apresiasi kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Papua atas penilaiannya terhadap LKPD Kabupaten Tolikara.

Menurut Bupati, ini merupakan prestasi luar biasa yang patut disyukuri. Karena sejak kabupaten tersebut berdiri pada 2002, Laporan keuangan pemerintah Kabupaten Tolikara selalu mendapat predikat disclaimer dan ini terjadi selama bertahun-tahun.

Baca juga :   TNI akan investigasi dugaan penganiayaan anak hingga meninggal di Sinak

“Namun berkat kerja keras dan komitmen kita semua, perlahan kita mampu melakukan pembenahan di semua aspek baik pembenahan terhadap aset, penata usahaan, pelaporan serta pertanggungjawaban pengelolaan APBD, hingga akhirnya keluar dari berbagai permasalahan dan hambatan yang selama ini menjadi kendala dalam meraih opini WTP ini,” kata Usman Wanimbo melalui siaran pers yang diterima Jubi, Kamis (4/8/2022).

Meski meraih WTP, Bupati Usman berpesan kepada seluruh OPD agar tidak berpuas diri dengan hasil yang diraih, karena tantangan pembangunan kedepan lebih kompleks dan aturan-aturan dalam pengelolaan keuangan lebih ketat.

“Untuk itu saya minta kepada semua pimpinan OPD agar terus melakukan pembenahan dan pembinaan terhadap aparatur pengelola keuangan di tingkat OPD, agar kedepan pengelolaan keuangan pemerintah daerah semakin baik dan predikat WTP ini tetap dapat dipertahankan,” katanya.

Baca juga :   Pembunuh Eden Bebari dan Roni Wandik dituntut 10 dan 9 tahun penjara

Sementara itu Kepala BPKAD Kabupaten Tolikara, Mathius Wally mengatakan opini WTP yang diraih ini disatu sisi sebagai prestasi diakhir masa kepemimpinan Bupati Usman Wanimbo juga sekaligus menjadi kewajiban bagi semua OPD.

“Sekecil apapun anggaran yang digunakan harus dapat dipertanggungjawabkan secara administratif maupun substantif secara benar, baik dan tepat waktu. Untuk itu saya berpesan kepada semua OPD untuk lebih meningkatkan kinerja dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban anggaran di masing-masing OPD,” ucap Wally. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250