Papua No.1 News Portal | Jubi

Papua Barat akan punya Perdasus HAKI Orang Asli Papua

Writer: AntaraEditor: Syam Terrajana
Papua Barat
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Setda Papua Barat Prof Dr Charlie D Heatubun (ANTARA/HO-Tri Adi Santoso)

 

Manokwari, Jubi – Provinsi Papua Barat dalam waktu dekat akan segera punya  Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) tentang Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Orang Asli Papua (OAP).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Setda Papua Barat, Prof Dr Charlie D Heatubun di Manokwari, mengatakan materi Perdasus HAKI OAP tinggal menunggu pengesahan untuk segera diimplementasikan.

“Tinggal menunggu disahkan, karena prosesnya sudah rampung dan sudah diregistrasikan di Kementerian Dalam Negeri di Jakarta,” kata Charlie baru-baru ini.

Baca juga :   Kolaborasi pendidikan lingkungan hidup di kawasan konservasi Fakfak

Dia menyebutkan Perdasus itu mengamanatkan pembentukan Kantor HAKI di bawah Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) yang akan mengurus terkait hak kekayaan intelektual baik yang bersifat individual maupun komunal.

Adapun Perdasus HAKI OAP di Papua Barat, katanya, telah melewati proses di daerah maupun dan tingkat pusat.

Selain memberikan perlindungan terhadap merek, hak paten yang bersifat individual, Perdasus itu nantinya juga akan memberikan perlindungan terhadap kepemilikan komunal seperti hak cipta dan lainnya.

Baca juga :   Para bupati dan tokoh selatan Papua siap menyambut PPS di Jakarta

“Kami berharap Kantor HAKI ini nantinya akan mengambil konsep pengelolaan satu pintu, di mana akan berkolaborasi bersama Kementerian Hukum dan HAM untuk menempatkan pegawai mereka. Ketika masyarakat datang untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektual mereka maka itu akan diurus di satu tempat saja,” jelas Charlie.(*)

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130