Sorong, Jubi – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Papua Barat Daya menghadirkan layanan administrasi bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN berbasis dalam jaringan atau daring sebagai alternatif meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat setempat.
“Selain pemberian layanan secara tatap muka yang dapat langsung dilakukan pada Kantor BPJS Kesehatan, layanan nontatap muka juga dapat menjadi pilihan alternatif terbaik bagi para peserta yang membutuhkan pelayanan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama di Sorong pada Senin (15/1/2024) .
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong Pupung Purnama di Sorong, Senin, menjelaskan untuk memberikan kemudahan masyarakat mengakses layanan administrasi sebagai peserta Program JKN, pihaknya terus melakukan berbagai terobosan.
Perkembangan zaman yang semakin canggih, katanya, membuat masyarakat menjadi semakin terbiasa dengan penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari hari, termasuk dalam mengakses layanan publik.
Kondisi ini, kata dia, direspons cepat oleh BPJS Kesehatan sebagai lembaga publik penyelenggara Program JKN yang diamanatkan untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat, khususnya peserta JKN.
Menanggapi kondisi tersebut, BPJS Kesehatan telah menghadirkan berbagai layanan nontatap muka yang dapat dengan mudah dimanfaatkan peserta, seperti Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalui Whatssapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA), BPJS Kesehatan Care Center 165, dan Website BPJS Kesehatan.
“Semuanya sangat mudah, cukup menggunakan ‘handphone’ (telepon seluler), setiap masyarakat maupun peserta JKN dapat mengakses layanan administrasi dari manapun sesuai kebutuhan. Mulai dari pendaftaran peserta baru, perubahan data, informasi seputar JKN, pengaduan, cek tagihan, informasi peserta, skrining riwayat kesehatan, program rehab (cicilan) dan masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan,” kata Pupung.
Ia menyebutkan beberapa fitur unggulan yang terus dioptimalkan penerapannya, yaitu fitur antrean daring dan i-care JKN atau info riwayat pelayanan.
Fitur antrean daring pada Aplikasi Mobile JKN diharapkan dapat memudahkan peserta saat ingin mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.
Peserta yang sakit dan akan melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan, katanya, dapat dengan mudah mengambil nomor antrean secara daring melalui Aplikasi Mobile JKN milik peserta, kemudian peserta menjadi bisa mengetahui dan memperkirakan waktu kedatangan agar tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memperoleh pelayanan di fasilitas kesehatan.
“Saat ini hampir semua fasilitas kesehatan di wilayah Sorong yang memiliki jaringan komunikasi dan data (jarkomdat) telah di-support untuk penerapan antrean daring,” ujarnya.
BPJS Kesehatan terus melakukan optimalisasi penerapan layanan ini agar dapat semakin nyata membantu masyarakat.
“Mudah, cepat, dan setara adalah komitmen kami bersama mitra fasilitas kesehatan untuk terus memberikan yang terbaik demi kepuasan dan kemudahan peserta,” kata dia.
Withny Jitmau, peserta Program JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), mengaku terbantu adanya Program JKN dan tertarik dengan fitur kartu digital di Aplikasi Mobil JKN.
“Tidak perlu lagi khawatir untuk menyimpan dan takut kehilangan kartu-kartu penting miliknya, karena sekarang semuanya sudah dapat diakses melalui Aplikasi Mobile JKN yang telah terunduh di ‘handphone’,” ujarnya.
Dia mengaku awalnya mengira pengurusan administrasi mendapatkan pelayanan kesehatan semakin sulit, tetapi ternyata BPJS Kesehatan memiliki fitur aplikasi yang mempermudah setiap peserta mendapatkan layanan.
“Saya telah membuktikan sendiri, sekitar beberapa bulan lalu saya mengalami batuk dan flu yang mengharuskan saya untuk pergi ke puskesmas. Ternyata semua begitu mudah, bukan hanya pakai kartu digital, bahkan saat itu saya hanya diminta untuk menunjukkan nomor induk kependudukan (NIK) yang ada pada kartu tanda penduduk (KTP) dan langsung dilayani sesuai prosedur gratis tanpa biaya,” katanya.
Dia mengaku tertarik fitur I-care JKN di Aplikasi Mobile JKN karena dapat melihat langsung riwayat pelayanan kesehatan yang pernah diperoleh.
“Bagi saya Aplikasi Mobile JKN telah membuat aktivitas untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan semakin praktis dan mudah,” ujarnya. (*)
Discussion about this post