Lagi, Pemprov Papua dapat penghargaan gara-gara opini WTP

Pemprov Papua Raih Penghargaan atas Opini WTP
Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2022 di Jakarta. - Istimewa

Jakarta, Jubi – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Papua dianugerahi penghargaan dari Kementerian Keuangan RI karena dinilai berhasil dalam menyusun laporan keuangan dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP sebanyak delapan kali. Penghargaan itu diserahkan di Jakarta pada Kamis (22/9/2022).

Penyerahan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI dilakukan di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2022 di Ballroom Dhanapala Kementerian Keuangan. Acara itu dihadiri Sekretaris Daerah Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Papua, Nus Weya.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya mengatakan opini WTP atau laporan keuangan pemerintah adalah salah satu indikator pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan. Oleh karena itu, pemerintah pusat memberikan apresiasi dan penghargaan untuk Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa, Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara, Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga, maupun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang meraih opini WTP.

banner 400x130

Pemerintah pusat mendorong agar pencapaian itu terus dipertahankan dan ditingkatkan. “Pemerintah bekerja luar biasa keras menggunakan instrumen APBN Untuk meringankan dan memulihkan ekonomi,”kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menyatakan tahun ini jumlah pemerintah daerah yang memperoleh WTP bertambah dari 500 pemerintah daerah menjadi 542 pemerintah daerah. Selain itu, banyak pemerintah daerah yang konsisten mendapatkan WTP secara berturut-turut.

“Ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Bukan suatu pencapaian yang biasa,” ujarnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250