Penkes  

SMPN 1 Jayapura dorong siswa biasakan hidup bersih

hidup bersih
Siswa-siswi SMP Negeri 1 Jayapura saat melakukan pemeriksaan kesehatan - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Jayapura, Kota Jayapura, Purnama Sinaga, mendorong peserta didiknya untuk membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS melalui usaha kesehatan sekolah atau UKS di masa pandemi Covid-19.

“Pakai masker, minum obat cacing secara berkala, lakukan aktivitas secara teratur dengan ceria, dan konsumsi makanan sehat dan bergizi,” ujar Purnama di SMPN 1 Jayapura, Sabtu (1/10/2022).

Menurutnya, dengan mendorong peserta didiknya dalam membiasakan diri menjaga kesehatannya dengan menerapkan PHBS, baik di lingkungan sekolah dan keluarga, supaya tidak menghambat proses belajar mengajar atau PBM.

“Sehingga siswa menjadi agen perubahan, yang pada akhirnya PHBS menjadi budaya, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, dan mampu berperan aktif dalam mewujudkan mutu dan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Dikatakannya, SMPN 1 Jayapura menjalin kerja sama dengan puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) khususnya puskesmas Jayapura Utara terkait pemeriksaan rutin yang dilakukan dua kali dalam satu tahun.

“Kami ada tim UKS di sekolah yang juga mempunyai program memberikan penyuluhan terkait kesehatan diri agar siswa-siswi membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Dikatakannya, agar siswa-siswi membiasakan perilaku PHBS terutama di lingkungan sekolah, dengan cara mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih, dan tidak merokok.

“PHBS di sekolah yaitu perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran,” ujarnya.

aplikasi OKY
Ketua MKKS SMP yang juga menjabat sebagai Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga. – Jubi/Ramah

Purnama menambahkan, baik peserta didik dan guru agar menjadi agen pemutus mata rantai penyebaran Covid-19 terutama di lingkungan sekolah dengan membiasakan protokol kesehatan di masa pandemi supaya PBM berjalan aman, nyaman, dan lancar.

“Bagi sekolah-sekolah penerima bantuan CTPS, kiranya dapat memanfaatkan tandon yang diberikan untuk mewujudkan lingkungan yg sehat dan aman. Salam sehat dan bahagia selalu,” katanya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250