Pertemuan PM Fiji dan Presiden Kiribati perkuat hubungan bilateral

PM Fiji
Presiden Kiribati, Taneti Maamau, dan PM Fiji, Sitiveni Rabuka. - Jubi/Pemerintahan Fiji

Jayapura, Jubi – Perdana Menteri atau PM Fiji, Sitiveni Rabuka, telah mengadakan pertemuan yang positif dan sukses dengan Presiden Kiribati, Taneti Maamau, selama kunjungan kenegaraan pertamanya, Jumat (20/1/2023) kemarin.

Mengutip https://www.fijivillage.com yang menyebutkan bahwa Pemerintah Fiji mengatakan pertemuan tersebut berfokus pada penguatan hubungan bilateral antara kedua negara, Fiji dan Kiribati. Selain itu, pertemuan itu juga membahas pemulihan persatuan dalam keluarga Blue Pacific.

Kedua pemimpin mengakui kuatnya hubungan kekerabatan antara Fiji dan Kiribati, yang dibangun di atas identitas budaya yang kuat, saling menghormati dan persahabatan.

Kedua pemimpin juga menegaskan kembali perlunya bekerja bersama dalam persatuan dan mempromosikan kerja sama regional seperti yang ditekankan dalam Strategi 2050 untuk Benua Pasifik Biru.

Sitiveni Rabuka
Perdana Menteri Fiji, Sitiveni Ligamamada Rabuka, tiba di Kiribati, Jumat (20/1/2023) siang, untuk kunjungan resmi kenegaraan pertamanya ke negara pulau tersebut. – Jubi/Pemerintah Fiji-Facebook

Sejak pembentukan hubungan diplomatik resmi pada tahun 1979, Fiji dan Kiribati telah menikmati hubungan persahabatan yang erat sebagai anggota keluarga Blue Pacific.

Rabuka tiba di Bandara Internasional Bonriki, Torawa ibukota Republik Kiribati. Ia diterima oleh Menteri Pendidikan dan Sekretaris Kabinet Kiribati, Alexander Teabo. Setelah itu, melakukan parade dan meninjau barisan kehormatan oleh Drumband Kepolisian Kiribati.

Usai pertemuan dengan Presiden Kiribati, Rabuka akan kembali ke Suva Fiji, Sabtu (21/1/2023), dengan pesawat milik Angkatan Udara Australia. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250