Hasil Owner Meeting, Persipura dan 14 klub ngotot Liga 2 harus dilanjutkan

Liga 2
Konferensi pers usai owner meeting klub Liga 2 / Istimewa

 

 

Jayapura, Jubi – Hasil pertemuan pemilik klub Liga 2 atau owner meeting yang digelar bersama operator kompetisi PT LIB dan federasi PSSI di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (24/1/2023) malam, masih mengambang.

Sebanyak 15 klub, termasuk Persipura Jayapura ngotot Liga 2 musim 2021/2022 harus tetap dilanjutkan. Sementara keputusan akhir masih menunggu Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari mendatang.

Selain Persipura, 14 klub lainnya yang menginginkan kompetisi dilanjutkan yakni Bekasi FC, Gresik United, Persela Lamongan, Persewar Waropen, Persiba Balikpapan, Persijap Jepara, Persipal Palu, Persipura Jayapura, Sulut United, Semen Padang, PSIM Yogyakarta, PSMS Medan, PSDS Deli Serdang, Karo United dan Nusantara United.

Sementara klub-klub yang tidak menghendaki Liga 2 musim 2021/2022 dilanjutkan yakni Kalteng Putra, Persekat Tegal, Persikab Bandung, Persipa Pati, PSKC, PSBS, Putra Delta, PSPS Pekanbaru dan Deltras Sidoarjo. Sedangkan dua klub lainnya, yakni Sriwijaya FC mengikuti keputusan PT LIB dan Persiraja Banda Aceh tidak mendapatkan hak suara.

Manajer Persipura, Yan Permenas Mandenas mewakili 15 klub Liga 2 mengatakan. mereka telah menyepakati bersama dalam pertemuan petinggi klub, kompetisi harus dilanjutkan kembali dengan catatan menunggu hasil KLB PSSI. Mereka juga meminta kepada PT LIB dan PSSI untuk tidak mengambil keputusan secara sepihak.

“Prinsipnya, keputusan hasil rapat kita minta kepada PT LIB dan PSSI tidak membuat keputusan sepihak. Opsi yang sudah kita setujui dan sepakati adalah Liga 2 ini tidak dihentikan, ditunda sampai dengan pengurus PSSI yang baru terpilih, barulah mereka menyelesaikan kelanjutan kompetisi Liga 2. Jadi tidak ada opsi yang kami sampaikan kompetisi itu diputar ulang kembali. Tapi kami sepakat untuk melanjutkan kompetisi,” tegas Mandenas usai pertemuan tersebut.

Tambah Mandenas, alasan mereka sangat kuat untuk meminta agar kompetisi tetap dilanjutkan, karena sebagian besar klub tidak menginginkan kompetisi dihentikan.

Mereka mendesak agar kesimpulan dalam pertemuan tersebut disampaikan pada saat pelaksanaan KLB.

“Kalau tadi diminta untuk voting itu mayoritas menyetujui untuk dilanjutkan. Kalau dihitung kami ada 15 klub yang menginginkan untuk lanjut. Dan itu jelas. Jadi kita berharap PSSI dan PT LIB sesegera mungkin buat kesimpulan hasil rapat ini berikan kepada kami semua supaya transparan,” tekannya.

“Hal yang kami semua ingin direkomendasikan dari PSSI ke KLB nanti bahwa kelanjutan Liga 2 ini diserahkan kepada pengurus baru. Jadi bukan dihentikan, karena kami sudah bersepakat bahwa pertemuan owner klub Liga 2 hari ini itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan darurat PSSI pasca pertemuan dengan Menpora kemudian PT LIB menggelar kesempatan ini untuk mencarikan solusi,” sambungnya.

Mandenas juga menegaskan, Persipura dan 14 klub lainnya tak akan mau mendaftar untuk kompetisi musim baru jika kompetisi musim 2021/2022 ini tidak dilanjutkan.

“Kalau kami nanti diminta mendaftar untuk kompetisi musim baru lagi kita tidak mau daftar karena kami minta dilanjutkan dulu kompetisi. Ini suatu konsistensi kita terhadap kompetisi yang harus kita jalankan,”. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250