Aktivis Papua Merdeka ucapkan selamat kepada tim Senegal

Papua
Tim Senegal – Jubi/ sokodirectory.com

Jayapura, Jubi- Para pendukung tim Senegal di Papua boleh berbangga karena tim kesayangan mereka, tim Senegal baru saja lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Meski tak diperkuat kapten Senegal Sadio Mane karena didera cidera.

Ronny Kareni aktivis Papua Merdeka dan musisi yang berbasis di Canberra dalam akun pribadi twitternya @ronnykareni,  mengucapkan selamat kepada tim berjuluk Lion of Teranga yang menjadi runner up berkat kemenangan 2-1 melawan Ekuador di Al Bayt Stadium, Al Khor, Selasa (29/11/2022).

“Selamat kepada tim Senegal karena lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022!”

“Senegal memiliki dukungan lama terhadap perjuangan pembebasan Papua Barat. Juga, kisah Sadio Mane sebagai pemain sepak bola profesional menginspirasi banyak orang,” tulis Ronny Kareni dalam akun twitternya yang dikutip jubi.id Rabu (30/11/2022)

Dia mengambarkan Kapten Senegal yang cedera Sadio Mane,  selalu menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Bek Chelsea, Kalidou Koulibaly yang mencetak gol internasional pertamanya dan penentu kemenangan Senegal atas Ekuador kepada mirror.co.uk mengatakan sangat memberi hormat kepada jimat Sadio Mane yang mengirim pesan sebelum kick off, “semoga berhasil.”

Kalidou Koulibaly menembakkan nasib  negaranya ke 16 terakhir – dan kemudian mengarahkan tujuannya ke lawan mereka berikutnya.

Defender Senegal ini sudah memperkuat timnas Senegal sebanyak 67 laga tetapi ini merupakan gol internasional pertamanya bersama tim berjuluk The Lions of Teranga.

Prestasi Senegal terbaik adalah dalam Piala Dunia 2002, saat itu mereka mengalahkan juara bertahan dalam laga pembuka. Senegal kandaskan timnas Perancis dengan gol tunggal Papa Bouba Diop dan keluar sebagai runner up Grup A. Langkah mereka kandas di perempatfinal setelah dikalahkan Turki dengan skor 0-1.

Saat itu juara Afrika 2022 ini berhasil mencapai perempat final dengan skuad legedaris mereka seperti Salif Diao. El Hadji Diouf dan pelatih Senegal sekarang Aliou Cisse.(*)

 

 

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250