Papua No.1 News Portal | Jubi

Menjaga kualitas uang rupiah di wilayah 3T Papua Barat

Writer: AntaraEditor: Jean Bisay
rupiah
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Rut W. Eka Trisilowati bersama tamu undangan saat melepaskan tim kas keliling kepulauan ekspedisi rupiah berdaulat 2022 dengan menggunakan KRI Albakora-867, Kamis (11/8/2022). - (ANTARA/HO- Komando Armada III)

Sorong, Jubi – Bank Indonesia terus berupaya menjaga menjaga kualitas uang rupiah yang beredar di wilayah terdepan, terluar, dan terpencil atau 3T Provinsi Papua Barat.

Upaya tersebut diwujudkan dengan program kas keliling kepulauan ekspedisi rupiah berdaulat 2022 menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Albakora-867 yang dimulai, Kamis.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Rut W. Eka Trisilowati mengatakan bahwa program tersebut dalam rangka mengimplementasikan kebijakan kelancaran sistem pembayaran atau clean money policy untuk menjaga kualitas uang rupiah beredar khususnya di wilayah 3T di Papua Barat.

Bank Indonesia bekerjasama dengan TNI AL Komando Armada III Sorong melaksanakan kegiatan tersebut selama enam hari mulai 11 Agustus hingga 16 Agustus 2022.

Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan berupa layanan penukaran uang lusuh dan rusak, sosialisasi cinta bangga paham rupiah, serta penyaluran Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana pendukung sekolah dan tempat ibadah serta penyaluran sembako kepada masyarakat.

Ada sejumlah pulau yang menjadi sasaran yakni Pulau Waisai, Pulau Gag, Pulau Salawati, Pulau Misool, Kofiau, dan Pulau Batanta Kabupaten Raja Ampat.

Untuk melayani penukaran uang rusak dan lusuh bagi masyarakat di lima pulau tersebut, Bank Indonesia membawa uang layak edar hingga Rp5 Miliar

“Bank Indonesia akan senantiasa memastikan ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan layak edar hingga kepulauan 3T guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian di Papua Barat,” kata Trislowati di Sorong, Kamis (10/8/2022).

Bank Indonesia, katanya, terus memperkuat koordinasi antar Kementerian dan Lembaga untuk memastikan uang rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI melalui penyediaan instrumen sistem pembayaran yang efektif dan efisien sehingga memudahkan masyarakat untuk menjalankan aktivitas ekonominya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250