Papua No.1 News Portal | Jubi

Destinasi wisata wajib beri rasa nyaman bagi pengunjung

Writer: Engel WallyEditor: Dewi Wulandari
destinasi wisata
Tanjung Cinta, salah satu destinasi wisata di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura yang menjadi tempat favorit kunjungan wisata masyarakat. - Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Jayapura, Jhon Wiklif Tegai mengatakan, pengelola destinasi wisata di daerah ini wajib memberikan rasa nyaman dan aman kepada para pengunjung yang datang mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

Selain rasa aman dan nyaman, kata Jhon, lokasi tempat wisata harus selalu bersih dan rapi serta bebas dari tumpukan sampah.

Oleh sebab itu, sejumlah kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas sedang dilakukan secara berurutan.

“Yang lalu kita ada laksanakan pelatihan pengelola home stay, dan saat ini dalam rencana kegiatan pelatihan pengelola sampah di tempat wisata,” ujar Jhon saat ditemui di Sentani, Selasa (5/7/2022).

Dikatakan, kesadaran masyarakat dalam memaksimal potensi lahan mereka sebagai destinasi wisata sudah sangat bagus. Ada niat baik dari masyarakat. Hanya saja sistem manajemen keuangan yang belum tertata bahkan sangat tidak rapi, termasuk soal administrasi bagi tempat wisata.

Baca juga :   Ketua Poksus DPR Papua apresiasi Dishut Papua dampingi pengelolaan mangrov di Mimika

Menurutnya, soal pendapatan dari setiap pengunjung yang datang cukup besar. Misalnya, di tempat wisata ada tempat parkir kendaraan. Pendapatan yang diperoleh dari jumlah kendaraan yang datang saat itu, belum lagi bahan kuliner, hasil kerajinan, dan usaha yang lain.

“Masyarakat kita masih bersifat konsumtif. Ada uang hari itu, hari itu juga habis. Hal-hal seperti ini yang perlu mendapat pemahaman agar, hasil dari pengelolaan tempat wisata, bisa dilihat juga ada perubahan. Perubahan perilaku, tempat tinggal, hingga memiliki simpanan penghasilan dalam jangka waktu yang lama,” jelasnya.

Lanjut Wiklif, dinas terkait diharapkan juga memberikan dukungannya untuk meletakkan satu unit Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di lokasi-lokasi wisata sehingga sampah para pengunjung juga langsung bisa di buang pada tempatnya.

Baca juga :   Peparpeprov sukses, NPC Papua siap gelar Peparda pada 2023

“Partisipasi masyarakat juga diharapkan untuk menjaga kebersihan di lokasi wisata, termasuk para pengunjung yang datang ke tempat wisata,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro mengatakan, antusiasme masyarakat secara mandiri dengan membangun destinasi wisata di pinggiran Danau Sentani perlu diapresiasi. Dinas terkait dan pengelola tempat wisata saling berkoordinasi sehingga ada proses pengelolaan yang profesional terhadap peningkatan pendapatan dari bidang budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

“Selama ini hanya beberapa tempat saja yang dikunjungi seperti Bukit Tungkuwiri, Tanjung Cinta, dan Bhenjebey. Sementara spot wisata kita di pinggiran Danau Sentani sangat banyak dan itu secara mandiri dikelola oleh masyarakat,” ujarnya. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130

banner 400x130

banner 728x250