Papua No.1 News Portal | Jubi

900 anak di Kota Jayapura masih mengalami stunting

Writer: RamahEditor: Jean Bisay
Mengalami Stunting
Pemerintah Kota Jayapura saat memberikan vaksin polio kepada anak balita - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Provinsi Papua, Ni Nyoman Sri Antari menyatakan, sebanyak 900 anak masih mengalami stunting.

“Ini berdasarkan elektronik pencatatan pelaporan gizi berbasis masyarakat,” ujar Antari di Jayapura, Sabtu (6/8/2022).

Dikatakannya, anak mengalami stunting karena kurangnya asupan gizi seimbang, sehingga anak gagal tumbuh dengan baik atau lebih pendek dari anak seusianya.

“Satu saja anak yang stunting maka kalah bersaing di masa depan. Kalau anak pendek, konsentrasi belajar kurang sehingga tidak bisa berdaya saing,” ujarnya.

Baca juga :   Ada perahu tradisional jadi café apung di Teluk Doreri, Manokwari

Dikatakannya, Pemerintah Kota Jayapura telah melakukan penanganan dengan cara rembuk stunting berupa aksi untuk meningkatkan pelayanan bayi, balita, ibu hamil dan menyusui, sehingga sehat baik dalam kandungan hingga melahirkan.

“Intervensi lingkungan, punya jamban sehat, pemberian makana sehat, balita di timbang di 213 posyandu terus menerus dilakukan, dengan tujuan menjamin kesehatan masyarakat agar aman dan nyaman beraktivitas,” ujarnya.

Dijelaskannya, dua kali dalam setahun dipantau tumbuh kembang anak. Timbangan bayi dan balita termaksud ibu hamil setiap bulan dilakukan.

Baca juga :   Ricky Nelson: jangan khawatir, Patrick Wanggai anak baik dan penurut

“Saya berharap melalui rembuk stunting ini, maka target menurunkan bisa tercapai hingga nol kasus. Harapan kami jangan sampai ada lagi kasus stunting,” ujar Antari.

Antari menambahkan, orang tua wajib memperhatikan gizi mulai dari kandungan hingga 1.000 hari kelahiran, agar anak tidak mengalami stunting agar tidak berdampak pada tumbuh kembang anak. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250