Aksi unik fans Belanda di Kota Jayapura sambut Piala Dunia

Sambut Piala Dunia
Fans tim nasional Belanda di Kota Jayapura berpawai ria menggunakan speedboat untuk menyambut perhelatan Piala Dunia Qatar. - Jubi/Sudjarwo Husain

Jayapura, Jubi – Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar hanya menyisakan hitungan jam menjelang laga pembukaan. Beragam aksi para penggemar sepak bola di seluruh dunia pun kian semarak menyambut ajang bergengsi empat tahunan itu. Salah satunya, seperti yang tampak di Kota Jayapura, Papua.

Berbeda dengan aksi konvoi fans gabungan yang baru saja digelar Jumat (18/11/2022) kemarin, kali ini fans tim nasional Belanda yang berada di pesisir Teluk Port Numbay, Kota Jayapura, menggelar konvoi atau pawai dengan menggunakan speedboat atau perahu motor.

Para fans timnas Belanda itu berpawai ria di atas speedboat mengenakan jersey atau kostum timnas Belanda berwarna Orange. Speedboat mereka juga sudah dihiasi dengan pernak pernik timnas Belanda, sambil memutar lagu-lagu bertema Piala Dunia sepanjang perjalanan.

Mereka menggelar pawai dengan rute yang dimulai dari Argapura Pantai, Kayo Pulau, Werf, Depan Kantor DPR Papua, Kantor Gubernur Papua, Dok V, Dok IX, hingga Jembatan Merah (Enggros – Tobati).

Salah satu fans setia timnas Belanda yang juga mantan pemain Persipura Jayapura, Lucky Sibi mengatakan kegiatan atau aksi pawai ini bisa dibilang merupakan yang pertama kalinya digelar. Ia menjelaskan, pawai tersebut diinisiasi oleh fans timnas Belanda yang berada di pesisir Teluk Port Numbay yang tergabung dalam grup Berg En Dal.

“Iya, ini diinisiasi oleh fans Belanda yang tinggal di pesisir teluk port Numbay, tergabung dalam grup Berg En Dal,” kata Lucky.

Ia mengungkapkan, nama Berg En Dal sendiri merupakan nama yang diberikan oleh orang-orang Belanda sebelum dikenal dengan nama Argapura hingga sekarang. “Berg En Dal itu nama Argapura pada zaman Belanda. Dulu Belanda kasih nama kawasan Argapura sekitarnya dengan sebutan Berg En Dal, sebelum berubah menjadi Argapura sampai saat ini,” jelasnya.

Lucky yang sudah mengidolai timnas Orange Belanda sejak dulu itu yakin tim idolanya itu bisa keluar sebagai pemenang di ajang Piala Dunia Qatar. “Untuk Piala Dunia di Qatar ini saya yakin Belanda di bawah arahan Louis Van Gaal bisa meraih gelar juara dunia. Dari materi pemain sekarang saja mereka merata di semua lini dan diperkuat sejumlah pemain muda yang enerjik,” pungkasnya.

Virgil Van Dijk dan kolega pada Piala Dunia Qatar 2022 ini berada di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Ekuador dan Senegal. Belanda lolos ke Piala Dunia Qatar setelah merajai klasemen Grup G kualifikasi Zona Eropa. Belanda akan memulai laga perdananya pada Senin (21/11/2022) lusa, menghadapi sang juara Afrika, Senegal. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250