Papua No.1 News Portal | Jubi

Generasi muda Papua diminta melibatkan diri dalam kegiatan positif khususnya olahraga

Writer: Engel WallyEditor: Kristianto Galuwo
Eduard Ivakdalam
Eduard Ivakdalam bersama All Star Persipura saat uji coba melawan Persidafon All Star di Lapangan Peternakan Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur. - Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Generasi muda saat ini diminta untuk terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan yang positif bagi diri sendiri, juga untuk orang-orang di sekitar.

Mantan pemain Persipura, Eduard Ivakdalam mengatakan saat ini sudah banyak turnamen sepak bola yang digelar, baik dari masyarakat atau lembaga-lembaga swasta lainnya yang peduli terhadap dunia olahraga termasuk sepak bola.

“Salah satunya adalah turnamen ondofolo Heram Cup yang baru saja mulai digelar dan diikuti oleh puluhan tim,” ujarnya, di Sentani, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, turnamen atau event olahraga khususnya sepak bola harus lebih giat dan rutin dilaksanakan, baik di kota maupun di kampung-kampung. Papua dan Papua Barat saat ini memiliki tim-tim yang bermain di kasta liga profesional seperti Persipura Jayapura, Persewar Waropen, PSBS Biak, Perseman Manokwari, dan masih banyak tim-tim kuat lainnya di Papua. Dari turnamen skala lokal ada banyak yang berpotensi untuk bisa direkrut, agar menjadi pemain profesional.

Baca juga :   Aparat gabungan TNI-Polri tertibkan lalu lintas 

“Kami dulunya juga bermain di kasta lokal seperti ini, turnamen dari kampung ke kampung hingga terpilih masuk di tim profesional, puji Tuhan, itu pengalaman yang berharga dan punya banyak cerita bagi generasi muda kita saat ini,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi langkah positif yang diambil oleh penggagas Heram Cup IV yang rutin menggelar turnamen, walaupun dua tahun lalu sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

“Dari turnamen ini, saya sendiri akan memantau setiap pertandingan yang berlangsung. Sedang mencari talent-talent terbaik di turnamen ini untuk mengisi formasi di Persewar. Ada sembilan pemain eks-PON kemarin yang telah bergabung dengan kami di Persewar Waropen,” ujar Ivakdalam yang dipercayakan mengarsiteki Persewar Waropen, yang akan berlaga di kasta kedua Liga Indonesia.

Hal senada juga dikatakan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Andi Kere bahwa generasi muda harus banyak melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat positif.

Baca juga :   Liga 2 bukan kompetisi mudah untuk Persipura

Salah satunya, dengan mengikuti turnamen sepak bola Heram Cup IV yang sedang berlangsung di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur. Selain itu, pemuda juga harus kreatif membuat spot-spot wisata di masing-masing kampung atau tempat yang dapat dikunjungi oleh banyak orang. Mengingat potensi alam Papua sebagai tempat wisata sangat menjanjikan.

“Ada banyak generasi muda kita yang kehilangan masa depannya akibat pergaulan yang tidak tepat, olahraga sepak bola salah satunya yang bisa membawa kita kepada masa depan yang lebih baik asal ditekuni dengan serius. Semoga Turnamen Heram Cup yang digelar ini dapat menghasilkan talent-talent terbaik yang nantinya digunakan untuk kepentingan tim-tim besar di Papua dan Indonesia,” ujarnya. (*)

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130