PJ Bupati Mappi sambangi delapan distrik, dengar aspirasi warga

Mappi
Suasana penyambutan Pj Bupati Mappi, Michael Gomar , pada salah satu distrik.Ist

 

Mappi, –  Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar  melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke sejumlah  distrik di Kabupaten Mappi. Pada Kunker kedua ini, Gomar menyambangi  8 distrik yakni ,  Pasue Atas, Pasue Bawah,  Citak Mitak, Tizain,  Kaibar, Asue,  Haju dan Distrik Minyamur.

Gomar  juga mendatangi sejumlah kampung yang ada di beberapa distrik guna melihat kondisi sarana prasarana pelayanan publik; fasilitas kesehatan, Pendidikan dan tempat – tempat ibadah.

“Sejak Selasa tanggal 17 Oktober sampai Selasa tanggal 25 Oktober (hari ini red) kami sudah melakukan kunjungan ke 8 Distrik. Saya bersama rombongan turun dan mengecek langsung sapras pelayanan publik serta fasilitas pemerintah lainnya, Pembangunan di Distrik serta pelayanan kepada masyarakat di distrik -distrik,” katanya.

Gomar menghabiskan deladpan  malam tidur bersama masyarakat, melakukan dialog langsung.  Diskusi  digelar di aula pertemuan, hingga  di pekarangan rumah warga  dalam suasana santai.

Kondisi geografis dan topologi wilayah serta akses transportasi cukup sulit untuk mendatangi semua distrik. Sebagian besar hanya bisa dijangkau dengan menggunakan moda transportasi sungai yakni Speedboat.

Kunker tersebut dilaksanakan usai  Michael R. Gomar  dilantik jadi Penjabat Bupati Mappi pada 27 Mei 2022 lalu.

Delapan  distrik yang dikunjungi  maisng-maisng berada di sisi utara, Timur dan selatan Kabupaten Mappi.
Dimana sebagian besar distrik tersebut berbatasan langsung dengan sejumlah Kabupaten tetangga.

PJ Bupati menyebutkan, dalam kunjungannya tersebut ada beberapa hal yang disosialisasikan kepada masyarakat. Di antaranya,  mendukung segala bentuk pembangunan oleh pemerintah di distrik hingga kampung. Mendukung penyelenggaraan serta pelaksanaan Pesta Demokrasi tahun 2024 mendatang, meminta masyarakat untuk menyiapkan pelaksanaan pemilihan kepala Kampung serentak di Kabupaten Mappi yang akan dilaksanakan di tahun 2023 mendatang. Meminta masyarakat untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Pihaknya juga  mensosialisasikan kepada para kepala kampung,mulai tahun 2023 pengelolaan dan alokasi Dana Desa (DD) akan berbasis aplikasi.

PJ Bupati menerangkan, banyak sekali masukan dan saran dari masyarakat yang disampaikan kepada dirinya selama melakukan kunjungan tersebut,terutama soal sarana dan prasarana untuk pelayanan publik. Termasuk infrastruktur jalan dan jembatan, air bersih, penerangan, dan jaringan telekomunikasi.

“Pada intinya apa yang masyarakat telah disampaikan kepada saya, akan menjadi bahan evaluasi bagi kami,  dalam menentukan kebijakan program kedepannya. Dalam waktu dekat saya akan panggil semua kepada OPD untuk melakukan evaluasi,” .

Kurang lebih setelah  5 bulan menjabat PJ Bupati Mappi, Gomar  langsung melakukan Kunker ke 15 Distrik yang ada di wilayah Kabupaten Mappi. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250