Tak terkalahkan, Tim Sofbol Putri Papua juarai Turnamen antar SMA di Bandung 

Tim sofbol putri Papua
Tim Sofbol SMA 4 Kota Jayapura keluar sebagai juara di Kejuaraan antar SMA di Bandung, Jawa Barat / Istimewa

Jayapura, Jubi – Tim sofbol putri Papua yang diwakili siswi SMA Negeri 4 Kota Jayapura sukses menjuarai turnamen sofbol antar SMA yang digelar di Bandung, Jawa Barat. Ini merupakan trofi pertama yang mereka raih karena baru pertama kali tampil dalam kejuaraan tersebut.

Tim sofbol putri Papua memastikan gelar juara setelah berhasil menumbangkan perlawanan tim sofbol SMA Negeri 2 Bandung, Jawa Barat dengan skor tipis, 3-2 di babak final yang berlangsung di Lapangan Sofbol Lodaya, Bandung, Jawa Barat, Kamis (1/11/2022).

“Puji Tuhan tim kita berhasil menjuarai Kejuaraan sofbol antar SMA yang kita ikuti di Bandung, Jawa Barat. Di babak final tadi kita mengalahkan juara bertahan dan tuan rumah SMA Negeri 2 Bandung dengan skor tipis 3-2,” kata sang pelatih, Daniel Saselah, saat dihubungi Jubi.

Hebatnya, tim sofbol SMA Negeri 4 Kota Jayapura yang diproyeksikan menjadi kerangka tim menuju ajang Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh – Sumatera Utara itu tak pernah mengalami kekalahan hingga melaju ke babak final.

Di babak penyisihan, tim ini berada satu grup dengan tuan rumah SMA Negeri 2 Bandung, SMA Negeri 8 Bandung, dan satu tim sesama Papua, SMA Negeri 1 Wondama.

Tim sofbol SMA 4 Kota Jayapura melaju ke final sebagai juara grup dan bertemu tim SMA Negeri 2 Bandung di babak final.

“Perjalanan tim kita ke babak final tidak pernah kalah dan menjadi juara grup. Kita berada satu grup dengan SMA N 2 Bandung, SMA N 8 Bandung, dan SMA N 1 Wondama. Ada empat sekolah yang mengundurkan diri karena di daerahnya ada pelaksanaan Pekan olahraga provinsi (Porprov). Peringkat satu dan dua di fase grup otomatis langsung lolos ke babak final, dan kita bertanding di final dengan tuan rumah SMA N 2 Bandung dan anak-anak kita bisa mengalahkan mereka,” ujar Daniel.

Atas pencapaian positif tersebut, Daniel mengungkapkan jika tim sofbol SMA 4 Kota Jayapura ini sudah masuk dalam kerangka tim yang disiapkan menuju ajang Pra PON XXI. Setelah dari Bandung, tim ini akan bergabung dengan para seniornya dalam pemusatan latihan (TC) di Lapangan Sofbol Universitas Cenderawasih (Uncen), Waena, Kota Jayapura.

“Dengan menjadi juara sudah ada kerangka tim untuk PON dan anak-anak akan langsung bergabung dengan beberapa senior mereka untuk melakukan TC bersama,” jelas Daniel.

Meski berhasil keluar sebagai juara, Daniel yang juga merangkap sebagai asisten pelatih tim sofbol PON Papua tetap mewaspadai kekuatan tim lain yang berpotensi menjadi pesaing berat di ajang PON XXI.

“Untuk bayangan kekuatan tim lawan sih kita masih tetap berpatokan dengan tiga terbesar kemarin di ajang PON XX, yaitu Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan juga bisa di bilang dari Jawa Barat sendiri,” tutupnya. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250