Persiapan Pra PON XXI, Tim Sofbol dan Bisbol Papua sudah memulai latihan 

Tim Bisbol dan Sofbol Papua
Pengurus dan pelatih sofbol dan bisbol Papua berfoto bersama atlet usai pencanangan pemusatan latihan menjelang Pra PON XXI / Istimewa

Jayapura, Jubi – Tim sofbol dan bisbol Papua sudah mulai melakukan latihan untuk mempersiapkan diri menjelang iven Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara (Sumut).

Cabang olahraga tersebut sudah melakukan pencanangan pemusatan latihan sejak Jumat (25/11/2022) pekan lalu.

Asisten pelatih tim sofbol Papua, Daniel Saselah mengatakan, latihan timnya dipusatkan di Lapangan sofbol Universitas Cenderawasih (Uncen), Waena, Kota Jayapura. Ia mengungkapkan, untuk saat ini, baru tim sofbol putra dan bisbol putra yang melakukan latihan.

“Iya, tim sofbol sudah memulai persiapan sejak dicanangkan pemusatan latihan hari jumat pekan lalu di lapangan sofbol Uncen. Sejauh ini masih tim sofbol putra dan bisbol putra yang latihan,” kata Daniel kepada Jubi, Rabu (30/11/2022).

Daniel menjelaskan, tim putri belum berlatih karena masih mengikuti sejumlah kejuaraan. Sebagiannya ada yang mengikuti ajang Porprov di Kendari dan juga kejuaraan antar SMA di Bandung, Jawa Barat.

“Karena beberapa atlet putri kita ada yang mengikuti iven Porprov di Kendari, dan atlet putri anak-anak SMA sekarang lagi mengikuti kejuaraan di Bandung,” jelasnya.

Untuk personil skuad yang disiapkan menjelang iven Pra PON XXI, Daniel menyebut telah menyiapkan 17 orang atlet putra dan putri di tim sofbol. Namun sementara yang sedang menjalani pemusatan latihan berjumlah 25 orang atlet putra, 30 atlet putri dan untuk tim bisbol berjumlah 20 orang atlet.

“Kalau untuk tim sofbol putra dan putri masing-masing akan disiapkan sebanyak 17 orang. Tapi sekarang yang lagi mengikuti pemusatan latihan untuk putra sofbol hampir 25 orang, sedangkan tim putri hampir 30 orang dan bisbol ada 20 orang,” bebernya.

Tim sofbol SMA yang sedang mengikuti kejuaraan di Bandung, diungkapkan Daniel akan menjadi kerangka tim yang dipersiapkan menjelang Pra PON XXI. Tim ini berasal dari SMA Jayapura dan baru pertama kali tampil di kejuaraan antar SMA seluruh Indonesia.

Di tim antar SMA ini, Daniel mengemban tugas sebagai pelatih kepala.

“Anak-anak ini bisa dibilang jadi kerangka tim Papua untuk Pra PON XXI.  Mereka sedang ikuti kejuaraan antar SMA di Bandung. Dan yang ikut kejuaraan ini dari SMA 4 Jayapura, mereka baru pertama mengikuti kejuaraan ini. Mereka sudah menjalani dua pertandingan dan meraih dua kali kemenangan,” katanya.

Pada ajang PON XX di rumah sendiri tahun 2021 lalu, tim sofbol putri Papua berhasil meraih medali emas perdana mereka, sementara tim putra harus puas dengan medali perunggu. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250