DERAP NUSANTARA

Halaman kerjasama pemberitaan Jubi dan Kantor Berita Antara

Puan Maharani umumkan masa reses DPR RI

Puan
Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah) saat konferensi pers usai memimpin Rapat Paripurna DPR RI Ke-13 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023 di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (15-12-2022). - (Antara/Melalusa Susthira K.)

Jakarta, Jubi – Ketua DPR RI Puan Maharani menutup Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023 DPR RI dan mengumumkan bahwa DPR RI memasuki masa reses.

“Saya mengumumkan kepada seluruh rakyat Indonesia, mulai tanggal 16 Desember 2022 sampai dengan tanggal 9 Januari 2023 DPR RI memasuki masa reses,” kata Puan saat membacakan pidato dalam Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Selama masa reses, Puan meminta para anggota dewan untuk menyapa, mendengarkan maupun menyerap aspirasi rakyat, menjelaskan tugas-tugas konstitusional yang telah dilaksanakan DPR RI, serta mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong untuk membangun Indonesia.

“Selamat memasuki masa reses dan sapa lah rakyat dengan gembira. Saya juga ingin mengucapkan Selamat Hari Natal bagi yang merayakannya dan Selamat Tahun Baru 2023 bagi kita semua,” katanya.

Puan menegaskan, DPR RI memiliki komitmen yang tinggi untuk terus meningkatkan kinerja kementerian dan lembaga dalam menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut.

“Dengan demikian rakyat merasakan kehadiran Pemerintah dalam melindungi rakyat, mempermudah kehidupan rakyat dan mensejahterakan rakyat,” tuturnya.

Puan pun mengajak seluruh pihak untuk mengawal proses pelaksanaan Pemilu 2024 yang sudah mulai berlangsung. Ia mengimbau pula masyarakat untuk meningkatkan rasa persaudaraan sehingga libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dapat berjalan dengan damai dan bahagia.

Sebelum penyampaian pidato penutupan masa sidang oleh Puan, Rapat Paripurna hari ini telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) dan RUU tentang Pengesahan Perjanjian antara Pemerintah RI dan Pemerintah Singapura tentang Ekstradisi Buronan.

Kemudian, penyampaian laporan Badan Legislasi DPR RI terhadap hasil pembahasan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Perubahan RUU Prioritas Tahun 2022, Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2023, dan Prolegnas Perubahan Keempat RUU Tahun 2020-2024.

Selain Ketua DPR RI Puan Maharani yang memimpin jalannya Rapat Paripurna, hadir pula sejumlah pimpinan DPR lainnya yakni Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus, serta Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar.

Kinerja DPR Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023

Sementara itu Ketua DPR RI Puan Maharani memaparkan capaian kinerja DPR dalam menyelesaikan sejumlah rancangan undang-undang (RUU) menjadi undang-undang selama Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023.

“DPR RI bersama pemerintah telah menyelesaikan enam rancangan undang-undang menjadi undang-undang dalam masa sidang ini dan 13 rancangan undang-undang yang saat ini berada dalam pembahasan pembicaraan tingkat I,” kata Puan saat menyampaikan pidatonya dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Puan
Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato saat rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/12/2022). – Antara FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Ia menyebut salah satu RUU yang sangat strategis dan telah ditetapkan menjadi undang-undang pada masa sidang ini adalah Rancangan Undang-Undang tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

DPR, kata Puan, telah menetapkan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Rancangan Undang Undang Perubahan Keempat Tahun 2020-2024 sebanyak 259 RUU dan Program Legislasi Nasional Prioritas Tahun 2023 sebanyak 39 RUU.

“Rinciannya adalah 25 RUU diusulkan DPR RI, 11 RUU diusulkan Pemerintah, dan tiga RUU diusulkan DPD RI,” ujarnya.

Selain pengawasan reguler, lanjut dia, sejumlah isu menjadi perhatian khusus DPR pada masa sidang ini di antaranya kejadian luar biasa (KLB) polio dan percepatan vaksinasi polio, permasalahan gagal ginjal akut progresif atipikal, penanganan bencana alam akibat cuaca ekstrem, dan permasalahan guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Kemudian soal ‘blank spot’ siaran televisi analog dan pengadaan dan pendistribusian “set top box” (STB) yang belum tepat sasaran dan penanganan/penertiban “over dimension over load” (ODOL) atau kelebihan dimensi-beban,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa persiapan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2023 dengan tingginya harga bahan makanan pokok menjelang akhir tahun 2023 menjadi perhatian khusus DPR pada masa sidang ini.

BacaJuga

Pada masa sidang ini, Puan mengatakan DPR telah memberikan persetujuan terhadap calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, serta memberikan persetujuan terhadap calon Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Masa Jabatan 2022–2027.

Kemudian, DPR menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI kepada pemain sepak bola asal Belanda Shayne Elian Jay Pattynama, dan memberikan persetujuan terhadap Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Negara Sahabat untuk RI.

Puan menyinggung pula soal pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 di Bali yang telah berlangsung dengan baik dan sukses. Ia menyebut DPR telah melakukan beberapa kegiatan diplomasi parlemen dalam masa sidang ini di antaranya pertemuan dengan parlemen beberapa negara melalui kunjungan delegasi parlemen dari negara Jepang dan Rumania.

Ia mengatakan delegasi DPR RI menghadiri pertemuan dan konferensi dalam rangka menjaga kepentingan nasional serta kawasan ASEAN pada Sidang Umum Ke-43 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) yang diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja, pada tanggal 20-25 November 2022.

Puan sebagai Ketua DPR RI telah menerima Presidensi Parlemen ASEAN. Penyerahan Presidensi tersebut dilakukan pada penutupan Sidang Umum AIPA Ke-43 yang diselenggarakan di Kamboja. Selain memegang presidensi, ia menyebut DPR RI akan menjadi tuan rumah Sidang Umum AIPA Ke-44 Tahun 2023. (*)

 

Baca juga

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist