DERAP NUSANTARA

Halaman kerjasama pemberitaan Jubi dan Kantor Berita Antara

Pertemuan Sherpa ke-2 akan orkestrasi isu substansi prioritas

Sherpa
Co-Sherpa G20 Indonesia sekaligus Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Edi Prio Pambudi dalam media briefing di Jakarta, Kamis (07/07/2022). - (ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)

Jakarta, Jubi – Co-Sherpa G20 Indonesia sekaligus Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Edi Prio Pambudi dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (8/7/2022) mengatakan, Pertemuan Sherpa ke-2 G20 akan mengorkestrasi berbagai isu substansi prioritas di jalur Sherpa.

Dalam satu tahun Presidensi G20 Indonesia, terdapat lebih dari 400 kegiatan utama, kegiatan sampingam, dan road to G20 Indonesia, sehingga peran Sherpa sebagai penunjuk jalan dalam meramu substansi menjadi sangat krusial, terutama dalam jalan menyusun Leaders’ Declaration di Bali nantinya.

Pertemuan Sherpa ke-2 akan diselenggarakan secara hibrif dengan kegiatan persidangan utama diselenggarakan pada 10-11 Juli 2022 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Indonesia, yang akan dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Terdapat empat sesi dalam pertemuan Sherpa kali ini, yaitu Global Health Architecture, Digitalization, Energy Transitions, dan Concrete Deliverables. Pertemuan akan dihadiri 20 negara Anggota G20, sembilan negara undangan, dan 10 organisasi internasional.

Ia menjelaskan rangkaian acara dimulai dengan welcoming dinner yang berlokasi di Kisik Ayana Beach Side Restaurant. Para delegasi akan disuguhi berbagai makanan nusantara dari JoyDay Yili Indonesia dan kopi unggulan Indonesia oleh Kapal Api Global, yang menemani pertunjukan berbagai tarian tradisional kontemporer nusantara.

Menu yang disiapkan tersebut guna mendukung komitmen memperkenalkan khazanah kuliner lokal Indonesia ke panggung internasional.

Setelah penyelenggaraan persidangan hari pertama di 10 Juli 2022, pada sore harinya para Sherpa G20 akan dibawa ke acara Sherpa’s Talk dengan membawa konsep unik sofa talk di atas kapal yang berlayar di perairan Labuan Bajo. Dua kapal akan disiapkan yakni Lako Sae dan Lako Dia.

Pertemuan Sherpa ke-2 ini juga akan menghadirkan kegiatan kunjungan dan ekskursi yang dapat diikuti delegasi pada 12 Juli 2022. Agenda kunjungan dimulai dengan prosesi penanaman terumbu karang oleh para penyelam disertai penjelasan oleh Marine Biologyst Ayana Komodo.

Para delegasi akan diberikan sertifikat sebagai bukti telah berkontribusi dalam pelestarian terumbu karang, kemudian para delegasi akan menuju Pulau Messah, tempat akan dilaksanakan peninjauan Solar Panel PLN dan penyerahan hewan kurban dari PT PLN kepada masyarakat setempat.

Sekretaris Menko Perekonomian yang juga merupakan Kepala Sekretariat Gabungan Sherpa Track dan Finance Track Susiwijono Moegiarso menyebutkan agenda pameran Solar Panel PLN di Pulau Messah merupakan salah satu bentuk tekad dan upaya Indonesia dalam transisi energi.

Isu ini menjadi salah satu fokus utama pembahasan di Presidensi G20 Indonesia dan salah satu kunci jawaban dalam menyongsong masa depan yang lebih baik bagi bumi.

Para delegasi selanjutnya akan berlayar menuju Pulau Komodo, Pink Beach, dan Pulau Padar, untuk menikmati keindahan Pulau Komodo sekaligus meninjau kegiatan konservasi satwa eksotis ini.

Rangkaian acara pertemuan Sherpa ke-2 juga akan diisi oleh lokakarya dan pertunjukan budaya. Pertunjukan musik tradisional NTT yakni sasando dan pameran dari UMKM lokal akan mewarnai kegiatan ini.

Di akhir rangkaian acara, pertemuan Sherpa ke-2 akan ditutup dengan pelaksanaan kegiatan sampingan: Seminar on Blue, Green, and Circular Economy. Bertemakan “The Future Platform for Post-Pandemic Development”, seminar ini sebagai tindak lanjut dari salah satu prioritas Presidensi G20 Indonesia yaitu transisi energi. (*)

BacaJuga

Baca juga

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist