Mappi  

Ragam tanggapan serta ucapan terimakasih masyarakat 5 distrik kepada Penjabat Bupati Mappi

Kunjungan Penjabat Bupati Mappii ke 5 Distrik Pedalaman
Dok. Pemkab Mappi

Mappi – Masyarakat lima distrik di Kabupaten Mappi mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar SSTP MSi yang turun mengecek langsung kondisi sarana dan prasarana, pembangunan, hingga pelayanan publik di kampung kelima distrik itu. Dalam kunjungan kerjanya tersebut Penjabat Bupati Mappi mengunjungi Distrik Edera, Distrik Yakomi, Distrik Venaha, Distrik Syachme dan Distrik Bamgi.

Ragam pujian dan ucapan terima kasih diungkapkan masyarakat kepada Penjabat Bupati Mappi. atas kunjungan kerjanya yang langsung mendengar keluhan, kendala, serta saran, dan masukan dari masyarakat.

Sejumlah perwakilan masyarakat menyampaikan bahwa, harapan mereka untuk bertemu serta melakukan dialog secara langsung dengan Penjabat Bupati Mappi akhirnya terwujud.

Penjabat Bupati Mappi mendatangi lima distrik selama lima hari, mulai 3- 7 Oktober 2022. Selama lima hari tersebut, Penjabat Bupati Mappi mengunjungi lima distrik dengan kondisi geografis dan medan yang susah dijangkau dengan transportasi darat, sehingga Penjabat Bupati bersama rombongan menggunakan speedboat.

Hampir di setiap distrik dan kampung yang dikunjungi Penjabat Bupati, rombongan selalu disambut antusias dengan tarian adat masyarakat setempat.

Kunjungan kerja Penjabat Bupati Mappi itu mengecek sejumlah fasilitas pelayanan masyarakat mulai dari kantor distrik, puskesmas, sekolah, tempat ibadah, hingga sarana dan prasana TNI/Polri yang ada di distrik hingga kampung.

Selama pelaksanaan kegiatan, hampir di setiap distrik dan kampung Penjabat Bupati meminta masyarakat untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif, mendukung tahapan hingga pelaksanaan tahun politik hingga pesta demokrasi di tahun 2024. Penjabat Bupati juga meminta penyaluran dan alokasi Dana Desa harus tepat sasaran. Kepada para petugas distrik hingga puskesmas, Penjabat Bupati menekankan agar mereka terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di distrik hingga kampung.

Ragam tanggapan positif pun diungkapkan masyarakat atas kunjungan Penjabat Bupati Mappi. Ketua Dewan Adat Distrik Eidera, Ipolitus  D Yikamtahae mengatakan dirinya beserta masyarakat Suku Auyu Laut yang terdapat di lima distrik sangat bersyukur atas kunjungan Penjabat Bupati Mappi. “Kami sangat senang dan berterimakasih atas kunjungan bapak Penjabat Bupati yang datang langsung melihat daerah kami, serta berdialog langsung dengan kami, masyarakat disini. Kami merindukan seorang pimpinan, seorang bapak seperti Bapak Penjabat Bupati yang langsung turun dan melihat kondisi kami di masyarakat,” ungkapnya.

Dok. Pemkab Mappi

Klemen Maye, Kepada Kampung Yame di Distrik Yakomi, berterimakasih kepada Penjabat Bupati Mappi yang sudah berkunjung ke wilayah tersebut. Kata dia, hal itu menjadi satu kehormatan bagi mereka di wilayah itu, mengingat letak Kampung Yame sangat jauh dari Kepi, ibu kota Kabupaten Mappi. Namun, dengan kerendahan hati Penjabat Bupati bisa turun langsung melihat masyarajat di kampung-kampung.

“Kami sangat bergembira atas kunjungan Bapak Penjabat Bupati. Dengan senang hati kami sambut Bapak Penjabat Bupati dengan tarian adat kami di Kampung Yame,” ucapnya.

Dalam kesempatan berbeda, tokoh masyarakat Distrik Yakomi, Bruno Misa mengatakan kunjungan Penjabat Bupati itu menjadi awal dan harapan baru bagi masyarakat. “Kehadiran bapak Penjabat Bupati ini menjadi awal yang baru, serta membangkitkan harapan baru bagi kami disini. Di mana berbicara pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, Bapak Penjabat datang langsung kesini dan langsung berbicara dengan masyarakat itu sendiri.
Distrik Yakomi sangat jauh dari kota, tetapi Bapak Penjabat Bupati bisa datang dan bertemu kami di sini, sesuatu hal yang sangat luarbiasa bagi kami,” tuturnya.

Selain itu, Kepala Kampung Obeta, Yosep mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Bupati yang sudah datang ke Distrik Syachme. Ia menyatakan kerinduan warga untuk mengajak Penjabat Bupati melihat kondisi pembangunan di Kampung Obeta yang jaraknya 20 menit dari Kantor Distrik

Penjabat Bupati pun langsung mengunjungi Kampung Obeta untuk melihat tempat ibadah dan sekolah di kampung tersebut dengan menggunakan speadboat. “Kami sangat senang Bapak Penjabat Bupati bisa datang dan melihat kampung kami,” ucapnya.

Saat tiba di Distrik Bamgi, Penjabat Bupati Mappi disambut oleh Kepala Distrik Bamgi dan masyarakat di pelabuhan distrik. Kepala Distrik Bamgi, Agustinus Mayabubun dalam sambutannya mengapresiasi serta berterima kasih atas kunjungan kerja Penjabat Bupati ke distrik tersebut.

Kunjungan Penjabat Bupati Mappii ke 5 Distrik Pedalaman
Dok. Pemkab Mappi

“Masyarakat sangat merindukan kehadiran Bapak, karena terus terang saja karena hampir jarang pimpinan Bupati sebelumnya berkunjung ke distrik, berdasarkan laporan dari masyarakat. Atas nama kepala pemerintahan Distrik Bamgi dan masyarakat, saya mengucapkan terima kasih Bapak sudah datang ke distrik kami,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Penjabat Bupati Mappi mendatangi lima distrik di pelosok Mappi dengan menggunakan speadboat. Karena kondisi geografis yang cukup sulit untuk dijangkau, Penjabat Bupati bersama rombongan harus menginap satu malam di setiap distrik, bersama masyarakat.

Di Distrik Venaha, antusiasme masyarakat begitu besar menunggu kedatangan Penjabat Bupati bersama rombongan. Bahkan, masyarakat melakukan tarian adat dari pelabuhan hingga di Kantor Distrik Venaha, sebagai ungkapan syukur atas kunjungan Penjabat Bupati.

Menurut mereka, Distrik Venaha adalah salah satu distrik di ujung Kabupaten Mappi, dan paling jauh jaraknya dari Kepi, ibu kota Kabupaten Mappi. Tetapi, Penjabat Bupati bisa hadir bertemu dengan masyarakat dan bermalam di rumah warga di distrik tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Edera, AKP Jainal Amrin yang wilayah hukumnya membawahi lima distrik tersebut mengungkapkan bahwa kunjungan kerja Penjabat Bupati Mappi sangat luar biasa. Sebagai Kapolsek Edera, Jainal sangat mengapresiasi kunjungan itu. Kehadiran Penjabat Bupati itu telah menjawab penantian masyarakat terhadap sosok pimpinan daerah Kabupaten Mappi yang dinanti-nantikan.

“Harapannya, kunjungan kerja seperti ini perlu dilakukan lagi, supaya masyarakat bisa termotivasi. Karena ada imbauhan yang disampaikan oleh Penjabat Bupati terkait banyak hal yang langsung didengar oleh masyarakat di lima distrik, dan masyarakat sangat merespon dengan baik dan positif,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan kunjungan kerja secara langsung itu, Penjabat Bupati menerima banyak masyarakat terkait dengan pelayanan, situasi keamanan dan ketertiban di kampung-kampung. “Perlu diketahui jarak yang kami tempuh dari distrik ke distik tentu sangat jauh, karena ditempuh dengan jalur-jalur sungai. Dengan kehadiran Bapak Penjabat Bupati membawa harapan baru bagi masyarakat,” tegasnya.

Sejumlah masyarakat di distrik-distrik mengaku kagum dan senang dengan sosok Penjabat Bupati Mappi. Pasalnya, tidak hanya saat dialog bersama di balai distrik pada siang hari, di malam hari masyarakat masih bisa berdiskusi santai bersama Penjabat Bupati Mappi.

“Kami masyarakat sangat merasa bahagia Bapak Penjabat Bupati bisa datang berkunjung ke distrik dan kampung, bertemu, berdiskusi, bermalam tidur di distrik, duduk, makan, minum kopi dan makan pinang bersama masyarakat. Kami kaget dan tidak bayangkan kepribadian Bapak Penjabat Bupati yang sangat senang bergaul, bercerita, dan bercanda bersama masyarakat, Pegawai Negeri Sipil , pegawai kontrak daerah, petugas tenaga kesehatan, guru-guru, dan tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat,” ungkap sejumlah petugas medis dan guru yang ditemui di kelima distrik yang dikunjungi.

Sementara, sembilan distrik lainnya akan kembali dikunjungi Penjabat Bupati Mappi dan rombongan pekan depan. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Writer: Admin JubiEditor: Admin Jubi
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250