Mappi  

Penjabat Bupati Mappi ajak warganya memaknai nilai Pancasila dalam bingkai NKRI

Penjabat Bupati Mappi Kunjungi Kampung pada Hari Kesaktian Pancasila
Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar menyapa masyarakat di Kampung Paghai Distrik Haju, Kabupaten Mappi, pada Sabtu (1/10/2022). - Dok. Pemkab Mappi

Mappi – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022, Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar mengunjungi masyarakat di Kampung Paghai Distrik Haju. Penjabat Bupati mengunjung Kampung Paghai, Distrik Haju, Kabupaten Mappi  yang jaraknya mencapai 50 Kilometer dari Keppi.

Penjabat Bupati mengendarai sepeda motor bersama rombongan untuk melihat situasi di kampung dan distrik, serta membangkitan semangat masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI. Dalam kunjungan tersebut, Penjabat Bupati didampingi anggota DPRD Kabupaten Mappi, Barnabas Gobay, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mappi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mappi, serta pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Mappi.

Dalam kunjungan tersebut, Penjabat Bupati langsung disambut hangat oleh kepala distrik serta masyarakat di Kampung Paghai. Kepada masyarakat, Penjabat Bupati menyampaikan tujuan kunjungan dalam rangka melihat situasi di distrik-distrik, khususnya pembangunan  di sana. Selain itu, ia juga ingin melihat dan mendengar langsung keluhan masyarakat.

Penjabat Bupati Mappi Kunjungi Kampung pada Hari Kesaktian Pancasila
Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar mengendarai sepeda motor dan melintasi jalan tanah untuk mengunjungi Kampung Paghai di Distrik Haju, Kabupaten Mappi, pada Sabtu (1/10/2022). – Dok. Pemkab Mappi

“Kami datang bersama rombongan dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh tanggal 1 Oktober, yang mana bertepatan pada hari ini. Di moment ini, saya mengajak Bapak, Ibu, Saudara semua untuk memaknai butir -butir Pancasila,  serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Penjabat Bupati menerangkan bahwa sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya masyarakat dan generasi muda untuk menjaga keutuhan NKRI dan berpedoman kepada Pancasila. “Saya dan teman -teman para kepala dinas, anggota DPRD, dan rombongan semua menyampaikan terima kasih kepada kepala distrik dan masyarakat semua yang sudah menerima kami hari ini,” ungkapnya.

Penjabat Bupati mengakui bahwa kondisi jalan menuju distrik tersebut memang cukup sulit untuk dijangkau, dan medannya begitu berat. Namun hal  itu menjadi tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Mappi untuk membuat proyek pembangunan jalan lebih diperhatikan. Ia menyatakan jika kondisi jalan sudah baik, roda perekonomian masyarakat juga akan ikut membaik.

Penjabat Bupati Mappi Kunjungi Kampung pada Hari Kesaktian Pancasila
Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar mendengarkan warga Kampung Paghai di Distrik Haju, Kabupaten Mappi, dalam kunjungan kerjanya pada Sabtu (1/10/2022). – Dok. Pemkab Mappi

Kepala Distrik Haju, Agustinus Undagi menyampaikan terima kasih kepada Penjabat Bupati Mappi yang sudah datang langsung ke wilayah mereka. Menurutnya, kedatangan Penjabat Bupati bersama rombongan membawa harapan baru bagi masyarakat di distrik tersebut. Mereka bisa menyampaikan langsung keluhan serta kendala yang dialami oleh masyarakat.

“Kami sangat berterimakasih Bapak Penjabat Bupati hari ini bisa datang ke distrik kami,” ucapnya.

Undagi menerangkan  dengan momen Hari Kesaktian Pancasila dirinya mengajak semua lapisan masyarakat Distrik Haju untuk tetap menjaga keutuhan Pancasila dalam bingkai NKRI. “Pada hari ini saya ajak semua masyarakat, khususnya anak -anak muda, untuk tetap menjaga nilai -nilai Pancasila, dan tetap solid dalam bingkai NKRI,” tegasnya.

Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar berfoto bersama warga Kampung Paghai di Distrik Haju, Kabupaten Mappi, dalam kunjungan kerjanya pada Sabtu (1/10/2022). – Dok. Pemkab Mappi

Dalam kesempatan yang sama, tokoh pemuda Kampung Paghai, Selestinus Ero mengajak semua generasi penerus untuk tetap menjaga keutuhan NKRI. “Kami senang Bapak Penjabat Bupati bisa datang ke sini. Saya  juga mau ajak generasi penerus, khususnya anak-anak muda untuk tetap menjaga nilai -nilai Pancasila di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Dalam kunjungan itu, Penjabat Bupati Mappi juga menyerahkan bantuan berupa bahan makanan  kepada warga di sana. (*)
Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250