Pj Gubernur Papua Tengah ingatkan bupati minta izin jika ke luar daerah

Pj Gubernur Papua Tengah
Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Nabire, Jumat (18/11/2022). - Jubi/Abeth You 

Nabire, Jubi – Tiba di Nabire, ibukota Provinsi Papua Tengah, Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, langsung dijemput delapan bupati se Papua Tengah dan dilakukan ibadah ucapan syukur ada ditetapkan Papua Tengah sebagai salah satu provinsi daerah otonom baru (DOB).

Di hari pertama itu, Pj Gubernur Papua Tengah mengingatkan kepada para bupati se Papua Tengah agar meminta izin kepadanya sebagai pimpinan apabila para bupati hendak keluar daerah.

“Sebagai gubernur saya menjadi wakil pemerintah pusat di daerah. Jadi jika ada bupati di Papua Tengah yang akan ke luar daerah, harus mendapat izin dari saya terlebih dahulu,” kata Haluk, Jumat (18/11/2022).

Hal itu ditegaskan Haluk mengingatkan Papua Tengah kerapkali terjadi gesekan sosial di antara masyarakat. Papua Tengah juga terbilang rawan konflik sehingga diharapkan para bupati selalu berada di daerah.

“Papua Tengah rawan konflik, tadi saya minta para bupati untuk kita melakukan pendekatan kepada masyarakat dan kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat itu sangat penting. Masyarakat akan melakukan tindakan ketika kita tidak ada di tempat. Tapi saya percaya para bupati sudah kerja maksimal. Saya sudah minta semua bupati tetap di tempat untuk menjaga stabilitas keamanan dan juga program seperti pendidikan, Kesehatan, dan lainnya supaya bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Gubernur Haluk menegaskan instruksi tersebut dilakukan bukan untuk membatasi ruang gerak bupati, tetapi kebijakan itu dilakukan karena amanat Undang-Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Ia meminta para kepala daerah lebih mengutamakan tugas pemerintahan di daerah masing-masing termasuk mementingkan penyelesaian masalah kesejahteraan masyarakatnya.

“Dan saya sudah bilang bahwa para bupati jika hendak keluar daerah, harus izin sama gubernur dulu,” katanya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250