Tiga kali final akhirnya tim sepak bola putri PNG juara Oceania 2022

Sepak Bola
Dua tim saling menyerang dalam babak final OFC 2022 di Fiji-Jubi/laman resmi ofc.com

 

 

banner 400x130

Jayapura, Jubi- Bagi negara negara Pasifik olahraga sepak bola kalah tenar dengan rugby, sebab olahraga bola lonjong ini paling dikenal dari Fiji sampai Papua Nugini. Berbeda dengan New Caledonia atau di  Papua Barat sepak bola menjadi olahraga favorit dan digemari anak anak dengan sepak bola jalanan.

Papua Nugini telah memenangkan OFC Women’s Nations Cup 2022 untuk pertama kalinya setelah mengalahkan negara tuan rumah Fiji 2-1 di final di depan kerumunan riuh di Stadion HFC Bank di Suva. Padahal tim sepak bola putri Papua Nugini sudah tiga kali masuk final, tetapi kali ini pada Sabtu (30/7/2022) di depan pendukung Fiji di Suva, mereka meraih kemenangan pertamanya.

Menurut laman resmi News  Oceania Football Confederation kedua tim sejak awal bermain terbuka dan saling menjual serangan. Tim sepak bola putri Papua Nugini menekan terus gawang Fiji yang dikawal kiper Fiji Seruwaia Vasuitoga. Babak pertama penyerang tim putri PNG sudah melepaskan tendangan ke gawang Fiji, Gunembala memberikan umpan dan sentuhan cantic melalui lini tengah selanjutnya umpan Lobi Padio melambungkan bola ke sayap disambut dengan baik oleh Marie Kaipo dan memberikan umpan ke tengah dan disambar Gunembala hingga berhasil menceploskan bola ke gawang Fiji dan skor pembuka 1-0 bagi tim putri PNG.

Gol kedua kembali gol melewati kaki Kaipo menuju lebar lapangan, sebelum PNG mengambil alih kendali permainan. Tendangan bebas berbahaya Padio masuk ke gawang Fiji. Kiper Fiji Seruwaia Vasuitoga, berjuang keras. Namun bola sepakan Kaipo, menyelinap melewati garis di tiang dekat untuk menambah skor menjadi 2-0.

Kiper pengganti Fiji Selai Tikoisuva masuk mengganti kiper utama yang cidera sebelum babak pertama berakhir. Kiper pengganti ini beberapa kali mengamankan gawang tim tuan rumah Fiji termasuk aksi striker PNG, Kaipo.

Babak kedua, maestro lini tengah tim putri Fiji, Nasau memberikan tusukan dan umpan umpan matang ke lini pertahanan PNG yang dikawal bek PNG Margret Joseph gagal mengamankan. Umpan bola mati dari Davis menuju Nasau,  playmaker Fiji di tiang belakang dan berkat sundulannya mampu merobah skor menjadi 2-1.

Sundulan lini tengah Fiji ini membuat pertandingan semakin menarik dan terjadi jual beli serangan hingga babak kedua berakhir. Berkat gol babak pertama dari Meagen Gunemba dan Ramona Padio mengamankan tropi kemenangan bagi tim putri Papua Nugini. Ini merupakan kemenangan pertama bagi tim PNG setelah tiga kali menjadi runner up. Tim asuhan Nicola Demaine pelatih kepala tim putri PNG akan bersiap untuk mengikuti babak play off Piala Dunia Wanita FIFA 2023 di Selandia Baru Februari 2023. (*)

 

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250