Tony Ho: Tim yang punya tradisi yang akan ke final

Tony Ho
Juara bertahan Piala Dunia, Prancis, saat berselebrasi usai memastikan lolos ke perempat final Piala Dunia Qatar 2022. - Jubi/Dok. Twitter @FIFA World Cup

Jayapura, Jubi – Empat tim unggulan yakni Belanda, Argentina, Prancis, dan Inggris sudah mengamankan tiket ke babak perempat final Piala Dunia Qatar 2022. Sementara di babak 16 besar atau perdelapan final masih menyisakan empat pertandingan lagi.

Mantan pelatih Persebaya Surabaya, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura, Tony Ho, pun berani memprediksikan jika Piala Dunia Qatar 2022 ini masih akan didominasi oleh tim-tim yang punya tradisi kuat.

Meskipun ia mengakui jika banyak kejutan yang terjadi di Piala Dunia Qatar, namun menurutnya tim-tim underdog atau non unggulan akan sulit bersaing menuju babak final.

“Piala Dunia kali ini sangat menarik dan menghibur masyarakat dunia terutama di Indonesia yang sangat antusias. Sejak awal banyak kejutan yang terjadi, tapi pada akhirnya nanti yang akan berbicara adalah negara-negara yang mempunyai tradisi kuat di Piala Dunia yang akan ke partai puncak,” kata Tony Ho saat dihubungi awak media Jubi, Senin (5/12/2022).

“Bisa dilihat bahwa empat tim unggulan sudah lolos ke babak perempat final seperti Belanda, Argentina, Prancis, dan Inggris,” sambungnya.

Menurutnya, peluang tim-tim non unggulan atau underdog sangat tipis dan membutuhkan faktor keberuntungan untuk bisa lolos ke babak final.

Pasalnya, ia berpendapat, jika di ajang Piala Dunia masih selalu didominasi oleh tim-tim besar yang punya sejarah panjang atau tradisi kuat sebagai juara.

“Kalau dilihat dari hasil-hasil tim Asia sangat bagus tapi semakin ke depan persaingan akan sangat berat dan perlu kerja lebih keras dan faktor lucky [keberuntungan]. Sejarah piala dunia sealu identik dengan tim-tim yang punya tradisi sepak bola kuat yang akan ke puncak,” ujarnya.

“Sedangkan wakil Afrika dan Asia biasanya hanya sebagai pelengkap saja. Tapi kita doakan semoga hal baru akan terjadi dan kejutan-kejutan akan berlanjut,” pungkasnya.

Pada babak 16 besar atau perdelapan final, Belanda berhasil mengalahkan Amerika Serikat, Argentina mengalahkan Australia, Prancis mengandaskan Polandia, dan Inggris menaklukkan juara Piala Afrika, Senegal.

Sementara di empat pertandingan babak 16 besar lainnya, Jepang akan berhadapan dengan Kroasia, Maroko bertemu Spanyol, Brasil menghadapi Korea Selatan, dan Portugal menantang sesama Eropa, Swiss. Artinya, masih ada empat tim unggulan yang akan saling berebut tiket ke perempat final.

Persipura
Pelatih Persipura Jayapura, Ricky Nelson – Jubi/Sudjarwo Husain.

Hal yang sama juga sebelumnya diungkapkan oleh pelatih Persipura Jayapura, Ricky Nelson. Meski persaingan menuju tangga juara masih sangat ketat, namun ia tak mau berekspektasi lebih kepada tim-tim underdog.

Juru taktik yang juga kerap berbicara sebagai komentator olahraga itu mengatakan, masih terlalu sulit bagi tim-tim underdog untuk mematahkan dominasi tim unggulan.

“Peta persaingan memang masih sangat ketat, yah, kalau tim underdog sih sebenarnya saya berharap Amerika Serikat, tapi yah walaupun mereka bisa mengimbangi pertandingan lawan Belanda di babak 16 besar tapi mereka kalah efektivitas,” kata Ricky Nelson saat dihubungi awak media Jubi, Minggu (4/12/2022).

“Kalau yang lain, agak sulit rasanya melihat ada tim underdog [yang bisa berbicara banyak]. Mungkin saja Jepang bisa, tapi lawan mereka kan Kroasia yang juga sulit untuk dilewati,” sambungnya. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250