Lulus seleksi administrasi, 467 orang calon Panwasdis di Kabupaten Paniai siap ikut tes tertulis 

Panawasdis Paniai
Komisioner Bawaslu Paniai, Yafet Nawipa (kiri), Ketua Bawaslu Paniai Martinus Pigai (tengah) dan Sekretaris Bawaslu Paniai, Aminadap Kudiai (kanan) di kantor Bawaslu Paniai - Jubi/Abeth You 

Enarotali, Jubi – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Paniai, Papua Tengah secara resmi telah mengumumkan 467 orang calon panitia pengawas Pemilu tingkat distrik (Panwasdis) untuk 23 distrik se Kabupaten Paniai.

Menurut komisioner Bawaslu Paniai, Yafet Nawipa, nama-nama calon anggota Panwaslu Kecamatan atau Panwas Distrik – Panwasdis yang dinyatakan lulus seleksi administrasi telah ditempelkan di papan pengumuman kantor Bawaslu maupun di beberapa tempat umum sekitar kota Enarotali dan Madi.

“Mereka yang telah lulus administrasi sebanyak 467 orang lulus administrasi, laki-laki 383 orang dan perempuan 86 orang dari pendaftar 505 orang,” ujar Yafet Nawipa kepada Jubi, Rabu (12/10/2022).

Pemeriksaan administrasi terhadap berkas pendaftaran dilakukan untuk mengetahui kelengkapan dan keabsahan dokumen pendaftaran dan persyaratan pendaftaran.

“Saat pendaftaran, apabila berkas persyaratan calon telah lengkap, maka Pokja Bawaslu Paniai mengumumkan hasil pemeriksaan kelengkapan administrasi dalam formulir tanda terima. Dalam hal pemeriksaan administrasi, pendaftaran yang diragukan keabsahan maka Pokja dapat berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini calon yang berkasnya tidak memenuhi syarat. Pokja mengembalikan dokumen pendaftaran tersebut pada saat pendaftaran berlangsung,” ungkapnya.

Pengumuman hasil seleksi administrasi ini sesuai dengan dokumen dan tetap pada prinsip umum. Berkaitan dengan pemeriksaan administrasi sesuai peraturan Bawaslu Nomor 19 tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan peraturan Bawaslu Nomor 8 tahun 2019, setelah melakukan seleksi administrasi, calon anggota Panwaslu Kecamatan (Distrik), nama-nama calon Panwasdis yang dinyatakan lulus seleksi administrasi maka selanjutnya mengikuti tes tertulis dan tes wawancara.

“Tes tertulis akan dilakukan pada hari Jumat, (14/10/2022) bertempat di SMP YPPGI Enarotali, Paniai,” ucapnya.

Pihaknya menyampaikan, bagi mereka yang telah lulus seleksi administrasi akan ada tahapan tes tertulis.

“Dan tahapan ini wajib diikuti oleh para calon Panwasdis. Selanjutnya akan dikurangi dari hasil tes tertulis dan masuk lagi enam besar. Lalu masuk tes wawancara untuk menentukan tiga besar menjadi Panwasdis 2024 mendatang,” ujarnya.

Sekretaris kelompok kerja Bawaslu Paniai, Aminadap Kudiai mengatakan, pihaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap calon anggota Panwaslu Kecamatan pada tanggal 12–18 Oktober 2022.

“Dan itu ditujukan kepada Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kabupaten Paniai yang dapat disampaikan dengan cara datang langsung ke Kantor Bawaslu Kabupaten Paniai di Madi atau melalui telepon,” kata Kudiai. (*)

 

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250