DERAP NUSANTARA

Halaman kerjasama pemberitaan Jubi dan Kantor Berita Antara

Wapres tinjau baksos operasi katarak dan bibir sumbing di RSUD Timika

Wapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau pelaksanaan bakti sosial operasi katarak dan bibir sumbing di RSUD Timika, Papua, Rabu (12/7/2023). Foto BPMI Setwapres

Timika, Jubi – Wakil Presiden atau Wapres Ma’ruf Amin meninjau pelaksanaan bakti sosial (baksos) operasi katarak dan bibir sumbing di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Timika Wonosari Jaya di Mimika, Papua Tengah, Rabu (12/7/2023).

Bakti sosial kolaborasi multihelix ini diinisiasi Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) dengan PT Freeport Indonesia (PTFI), Kantor Sekretariat Wakil Presiden, Mabes TNI, Polri, TNI AD, TNI AL, TNI AU, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, MIND ID, serta sejumlah organisasi kedokteran.

“Saya sungguh mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PPAD, Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timika Papua, PTFI, dan seluruh pihak yang telah berhasil melaksanakan kegiatan operasi katarak dan bakti sosial ini bagi masyarakat Papua, khususnya di Timika,” ujar Wapres.

Wapres menyampaikan pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, namun perlu berkolaborasi dengan berbagai simpul lembaga dalam menghadirkan pelayanan publik.

Menurutnya, kolaborasi multihelix sangat membantu, utamanya dalam menjangkau mereka yang ada di daerah terpencil dengan segera.

Selain itu, lanjutnya, pelaksanaan baksos tersebut menunjukkan masyarakat Papua tidak pernah ditinggalkan oleh saudara-saudaranya sebangsa dan se-Tanah Air.

Lebih jauh Wapres selaku Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) atau Badan Pengarah Papua menyampaikan kolaborasi baksos secara nyata mengedepankan solidaritas dan persatuan sebagai bagian mewujudkan Papua yang sejahtera, aman, dan damai.

“Saya gembira melihat warga berduyun-duyun datang untuk mendapatkan pengobatan dan juga bahan pokok,” jelasnya.

Wapres menilai tema baksos “Kitorang Melihat Terang” menjadi suatu mukjizat bagi para penderita katarak.

“Slogan Kitorang Melihat Terang telah mewujud secara nyata. Terang tidak saja bagi kembalinya penglihatan saudara-saudara kita di sini, tetapi juga terang akan Papua yang maju wilayahnya, makmur ekonominya, pintar sumber daya manusianya,” ujar Wapres.

Wapres meminta baksos multihelix menjadi contoh kolaborasi multihelix bagi kegiatan-kegiatan serupa pada masa datang dan diterapkan untuk mengelola isu dan agenda strategis nasional, seperti pengentasan kemiskinan ekstrem dan stunting di Papua.

Kunjungan kerja tujuh hari di Papua

Wakil Presiden atau Wapres Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja selama tujuh hari di Papua mulai Selasa hingga Senin mendatang (17/7/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima di Jakarta, Selasa, Ma’ruf Amin yang merupakan Ketua Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) diagendakan melakukan kunjungan ke Papua Tengah, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Wapres
Wapres Ma’ruf Amin bertolak ke Papua dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (11/7/2023). – Antara/HO-BPMI Setwapres

Ma’ruf Amin, didampingi istri Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan, bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa pagi, pukul 10.00 WIB, dengan menumpang Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI.

“Wapres ingin memastikan pembangunan di Papua bisa berjalan sesuai dengan rencana,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya.

Selama di Papua, Ma’ruf Amin dijadwalkan melakukan sejumlah peninjauan dan peresmian.

Pada dua hari pertama kunjungannya, dia akan mengunjungi Timika dan Nabire di Papua Tengah. Di Timika, Ma’ruf akan menyerahkan secara simbolis keanggotaan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) kepada orang asli Papua (OAP) dan meninjau operasi katarak dan bibir sumbing.

Selanjutnya, Ma’ruf Amin menuju ke Nabire untuk peletakan batu pertama dan penanaman pohon sebagai tanda penetapan lokasi pembangunan Kawasan Kantor Pemerintahan Provinsi Papua Tengah. Di Nabire pula dia akan berdialog dengan petani yang tergabung dalam Hidup Petani Nyata (Hipeta).

BacaJuga

Kemudian, di hari ketiga, Ma’ruf Amin bertolak ke Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat, untuk meletakkan batu pertama pembangunan Taman Ruang Terbuka Hijau K.H. Ma’ruf Amin serta meninjau pembangunan proyek prioritas dan produk unggulan kabupaten setempat.

Ma’ruf Amin juga akan mengunjungi Teluk Bintuni dan Manokwari untuk meninjau proyek strategis di kedua wilayah tersebut sebelum menuju ke Sorong, Papua Barat Daya.

Di Sorong, di dijadwalkan melakukan audiensi dengan penjabat gubernur Papua Barat Daya; tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat setempat; serta meletakkan batu pertama sentra sarana dan prasarana Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya.

Sorong akan menjadi daerah kunjungan terakhir Ma’ruf Amin sebelum dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Senin (17/7/2023). (*)

Baca juga

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist