Bandara Vanimo gerbang baru PNG ke Asia

Bandara Vanimo
Bandara Vanimo, ibukota Provinsi Sepik Barat atau Sandaun Province PNG. Hanya dua jam jarak tempuh dari Wutung perbatasan PNG dan Indonesia ke bandara Vanimo - Jubi/Post Courier

Jayapura, Jubi – Media pertama di Port Moresby, Post Courier, telah memberi judul bandara Vanimo sebagai gerbang baru dari Papua Nugini ke Asia. Provinsi Sepik Barat, Papua New Guinea dengan ibukota Vanimo baru saja memiliki bandara internasional. Bandara ini dibangun dengan biaya K28,8 juta, dibuka di Vanimo, Sepik Barat, pada Senin (8/6/2022), menurut National Airports Corporation (NAC). Provinsi Sepik Barat berbatasan langsung dengan Jayapura, ibukota Provinsi Papua.

Mengutip https://www.thenational.com.pg menyebutkan Managing Director dan Chief Executive Officer, Rex Kiponge, mengatakan terminal tersebut dapat menampung hingga 100 orang.

Kiponge dalam sebuah pernyataan kemarin, mengatakan “Terminal baru Bandara Vanimo adalah bagian dari seluruh proyek peningkatan bandara senilai K70,1 juta yang didanai oleh pemerintah nasional dengan dukungan dari Bank Pembangunan Asia”.

“Dengan Sepik Barat sebagai pintu gerbang terdekat PNG ke Asia. Bandara Vanimo mengantisipasi untuk menjadi tuan rumah penerbangan internasional di masa depan,” katanya.

Proyek peningkatan bandara ini diberikan kepada China Railway Construction Engineering Group Co Ltd pada November 2018 dan pekerjaan dimulai pada tahun berikutnya.

Gedung terminal baru bandara ini adalah yang kedua yang dibuka setelah Bandara Momote di Manus dibawah program Investasi Pengembangan Penerbangan Sipil.

Mantan Perdana Menteri PNG, O’Neil, mengatakan proyek bandara di Provinsi Sepik Barat ini akan membawa banyak manfaat pembangunan dan ekonomi bagi masyarakat dan menjadi pintu gerbang PNG ke tujuan lain.

“Kami ingin memastikan bahwa orang-orang Vanimo di Sepik Barat dan Sepik Timur dan negara ini mendapat manfaat dengan menggunakan fasilitas bandara modern dalam perjalanan mereka,” kata O’Neill.

Pengalaman jubi.id dalam penerbangan ke Madang pada 2002 dan 2016 melalui Bandara Vanimo belum semegah pembangunan sekarang. Apalagi perjalanan dari Wutung perbatasan PNG dan Indonesia bisa dilalui dengan jalan darat hanya 2 jam tiba di Bandara Vanimo. Perjalanan dari Indonesia ke PNG atau sebaliknya PNG ke Indonesia lebih murah melewati Kota Jayapura ketimbang melewati Port Moresby ke Jakarta atau Bandara Ngurah Rai Denpasar. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250