DERAP NUSANTARA

Halaman kerjasama pemberitaan Jubi dan Kantor Berita Antara

Presiden Jokowi resmikan Inpres Jalan Daerah di Gorontalo

Inpres Jalan Daerah
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada peresmian Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Gorontalo bertempat di Desa Polohungo, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, pada Senin (22/4/2024). - ANTARA/HO-Diskominfotik Provinsi Gorontalo

Gorontalo, Jubi – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Gorontalo, bertempat di Desa Polohungo Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo pada Senin (22/4/2024).

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, Penjabat Bupati Boalemo Sherman Moridu, serta para Bupati dan Wali Kota di Gorontalo.

Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Gorontalo terbagi di tiga kabupaten. Pertama di Kabupaten Boalemo satu ruas jalan yaitu SP 3 Trans Polohungo-Langge sepanjang 7 kilo meter (Km) dengan anggaran sebesar Rp44,3 miliar.

Selanjutnya satu ruas jalan berada di Gorontalo Utara (bypass Moluo-Molingkapoto) panjang 4,4 Km dengan biaya Rp49,3 miliar.

Sementara tiga ruas lainnya berada di Kabupaten Gorontalo, yaitu jalan Pongongaila-Tumba Ayumolingo 4,4 Km, Runi Hemeto (Pongongaila-Buhu) 4,2 Km serta Mulyonegoro-Karya Mukti sepanjang 18,3 Km.

Masing-masing memakan biaya mulai dari Rp16 miliar, Rp16,1 miliar serta Rp27,1 miliar.

“Di Provinsi Gorontalo pada tahun ini telah diberikan Rp161 miliar untuk lima ruas jalan di tiga kabupaten. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Gorontalo,” kata Jokowi saat meresmikan Inpres Jalan Daerah yang dipusatkan di jalan Polohungo-Langge Kabupaten Boalemo.

Presiden Jokowi mengatakan eksistensi jalan di setiap daerah begitu penting. Terutama yang berkaitan dengan produksi.

Ia mencontohkan di Gorontalo ada produksi kelapa, produksi jagung yang kalau tanpa jalan tidak bisa dibawa kemana-mana.

Oleh sebab itu jalan sangat penting untuk menaikkan produktifitas di sebuah daerah.

“Seperti yang kita lihat saat ini, salah satu ruas yang dikerjakan sehingga hasil-hasil produksi nanti akan lebih kompetitif, bisa bersaing dan bisa di bawa ke tempat tujuan,” katanya.

Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Pada Tahun Anggaran (TA) 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 Km jalan daerah di seluruh Indonesia.

Menhub dampingi Jokowi resmikan Bandara Panua Pohuwato 

Menteri Perhubungan atau Menhub, Budi Karya Sumadi mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam peresmian pengoperasian Bandar Udara Panua di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Inpres Jalan Daerah
Presiden Jokowi (tiga kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan), Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono (tiga kiri), dalam peresmian pengoperasian Bandar Udara Panua di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, di Pohuwato, Senin (22/4/2024). – ANTARA/HO-Humas Kemenhub

“Hari ini kami mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo. Fungsi bandara untuk mitigasi bencana, meningkatkan konektivitas, dan memacu pertumbuhan ekonomi,” kata Menhub seusai mendampingi Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian Bandar Udara Panua di Desa Imbodu, Kecamatan Randangan, Pohuwato pada Senin.

Dalam keterangan di Jakarta, Menhub mengatakan Bandara Panua Pohuwato merupakan komitmen pemerintah atas mitigasi wilayah rawan bencana dan juga sebagai pintu gerbang untuk mengembangkan perekonomian di Kabupaten Pohuwato dan Provinsi Gorontalo.

“Bandara ini sangat produktif untuk membangun ekonomi daerah ini mengingat jangka jangkau dari Gorontalo lebih dari 4 jam jalur darat,” kata Menhub.

Menhub berharap, keberadaan Bandara Panua Pohuwato dapat menyediakan sarana transportasi yang lebih luas, mendorong multiplier effect dalam pertumbuhan ekonomi di Pulau Sulawesi, memperluas perdagangan dan pariwisata, serta sebagai dukungan pada wilayah rawan bencana.

BacaJuga

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan, keberadaan bandara sangat penting dalam rangka berkompetisi dengan negara lain, agar kecepatan mobilitas orang dan logistik barang bisa lebih baik.

“Indonesia negara besar, kita memiliki 514 kabupaten dan kota, 38 provinsi, dan 17.000 pulau yang semuanya membutuhkan infrastruktur yang namanya pelabuhan, jalan, dan bandara, baik untuk pelayanan pendidikan, kesehatan dan konektivitas. Kalau tidak kita miliki, negara kita akan kalah bersaing, tidak bisa berkompetisi dengan negara yang lain,” ujar Kepala Negara.

Presiden mengatakan pembiayaan pembangunan Bandara Panua Pohuwato diambil melalui APBN dengan total anggaran Rp437 miliar.

Presiden berharap keberadaan Bandara Panua Pohuwato dapat membuka perekonomian di Provinsi Gorontalo, khususnya Kabupaten Pohuwato.

“Semoga dengan adanya bandara ini, ekonomi di Pohuwato bisa berkembang lagi, dan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” kata Presiden Jokowi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, dan Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, serta Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga. (*)

Baca juga

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist