DERAP NUSANTARA

Halaman kerjasama pemberitaan Jubi dan Kantor Berita Antara

Apdesi Biak Numfor libatkan BUMDes pasarkan produk UMKM di STC 2023

BUMDes
Produk UMKM Biak dijual pada acara HUT Ke-78 TNI di Lanal Biak. - Antara/Muhsidin

Biak, Jubi – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia atau Apdesi Kabupaten Biak Numfor, Papua, melibatkan Badan Usaha Kampung/Desa atau BUMDes untuk memasarkan hasil produksi di ajang Sail Teluk Cenderawasih atau STC pada 1-7 November 2023.

“BUMDes dengan berbagai produksi usaha hasil perikanan, pertanian, peternakan serta usaha kerajinan dapat memanfaatkan ajang STC guna menambah pendapatan,” kata Ketua APDESI Biak Numfor Simon Ronsumbre di Biak pada Senin (16/10/2023).

Ia mengatakan pada STC Biak pihak panitia penyelenggara menyiapkan tempat pameran/penjualan produk kuliner UMKM.

Melalui keterlibatan BUMDes pada STC, lanjut Simon, menjadi bentuk dukungan nyata Apdesi dalam mendukung agenda program pemerintah.

Diakuinya, produk usaha BUMDes dapat dikemas dengan baik supaya menjadi daya tarik pembeli yang hadir menyaksikan STC Biak.

“Apdesi menjadikan BUMDes sebagai lembaga penggerak ekonomi masyarakat kampung,” harap Simon.

Sesuai data Apdesi ada 257 kampung/desa sudah mengelola BUMDes dengan menghasilkan berbagai produk usaha pertanian, perkebunan, peternakan dan produksi hasil kuliner makanan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak Yubelius Usior menjelaskan pada ajang pameran STC 2023 saat ini telah terdaftar 70 lebih pelaku UMKM untuk menjual berbagai produk usaha.

Usior menyebutkan pada kegiatan pameran kuliner produk UMKM di STC diharapkan juga diikuti dari Kabupaten Sarmi, Waropen dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Sesuai agenda panitia menyiapkan dua lokasi pameran UMKM guna menampung peserta pelaku usaha menjual produk,” katanya.

Berbagai produk UMKM seperti abon ikan tuna, ikan asap julung, sambal, sagu, kue kering, keripik keladi, keripik pisang, bistik, minyak goreng kelapa, sari jahe dan kopi.

Serta untuk kerajinan tangan seperti tas inakson/noken, topi mahkota pria, tikar tidur, hiasan kepala perempuan Asis, gantungan kunci, fesyen dan berbagai kerajinan industri rumah tangga lainnya. (*)

BacaJuga

Baca juga

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist